Disusun oleh
Zakiyah Rahman Nasution
2161151030, Reg/ B
2161151030, Reg/ B
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Seni rupa adalah suatu wujud hasil karya
manusia yang diterima dengan indra pengelihatan, dan secara garis besar dibagi
menjadi seni murni dengan seni terapan. Seni murni merupakan istilah untuk
menandai bahwa karya yang dihasilkan tidak dimaksudkan untuk memenuhi tujuan
praktis atau fungsional, tetapi murni sebagai media ekspresi, seperti seni
lukis, seni grafis, seni patung degan berbagai teknik beserta aliran-alirannya,
seperti realisme, naturalisme, abstrak, surealisme, dan lain-lain. Dalam
perkembangan selanjutnya sebagai media ekspresi, seni murni juga mewadahi seni
lingkungan, seni instalasi, dan seni pertunjukan media rupa.
Grafis computer atau computer grafis adalah
bagian dari ilmu computer yang memiliki kaitan dengan memanipulasi gambar.
Computer grafis bisa disebut juga dengan proses penyimpanan atau manipulasi
dari suatu model, gambar, grafik, diagram, atau artistik menggunakan komputer
(digital) dengan bantuan software. Secara singkatnya computer grafis adalah
suatu kaitan dengan manipulasi gambar(visual) secara digital. Awal ditemukannya
istilah grafis computer oleh William Fetter pada tahun 1960. Computer grafis
memiliki dua jenis, yaitu computer grafis 2D dan 3D, perbedaannya terdapat pada
bentuk dan modelnya, jika 2D itu adalah bentuk sederhana dari computer grafis,
sedangkan 3D adalah hasil dikembangkannya 2D yang akan membuat gambar lebih
nyata terlihat.
Pariwisata merupakan salah satu sektor
pendukung ekonomi penting di Indonesia. Pariwisata menempati urutan ketiga
dalam hal penerimaan devisa negara setelah komoditi minyak dan gas bumi serta
minyak kelapa sawit. Pariwisata di Indonesia sudah berkembang pesat dimana yang
dahulunya berupa wisata kelompok atau massa sekarang menjadi pola wisata
individu atau wisata keluarga yang lebih fleksibel dalam perjalanan wisata,
sehingga para wisatawan pun dapat lebih berinteraksi dengan alam, budaya, dan
masyarakat.
Wisata alam adalah bentuk
kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya
alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budidaya, sehingga
memungkinkan wisatawan memperoleh kesegaran jasmaniah
dan rohaniah, men-dapatkan pengetahuan dan pengalaman serta
menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam (Anonymous, 1982 dalam Saragih,
1993).
Pengertian obyek dan daya
tarik wisata menurut Marpaung (2002:78) adalah suatu bentukan dari aktifitas
dan fasilitas yang berhubungan, yang dapat menarik minat wisatawan atau
pengunjung untuk datang ke suatu daerah atau tempat tertentu.
Pemilihan objek wisata
sebagai inspirasi penciptaan karya seni grafis komputer dalam bentuk poster
adalah karena objek-objek wisata di Indonesia ini sangat banyak dan tentunya
tidak kalah indahnya dengan objek-objek wisata di Luar Negeri. Dengan dibuatnya
poster mengenai objek wisata yang ada di Indonesia ini, maka akan lebih mudah
untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia khusunya wialayah Sumatera Utara
kepada masyarakat. Selain itu tujuan penciptaan poster bertema objek wisata
yang ada di Sumatera Utara ini adalah untuk mempromosikan kepada seluruh
masyarakat bagaimana tempat wisata tersebut, fasilitas apa saja yang ada serta
kira-kira berapa badget yang dibutuhkan selama berwisata di tempat tersebut
serta lain sebagainya.
Selain untuk mempromosikan
tempat wisata tersebut kepada masyarakat. Tujuan penciptaan poter bertema objek
wisata ini adalah untuk terjalinnya kerjasama penulis dengan pengelola objek
wisata, baik itu dari segi komunikasi yang terjalin bagus serta dari segi
ekonomi yang bisa sama-sama menguntungkan antara penulis denga pengelola tempat
wisata.
Dengan demikian penulis
menyadari bahwa ternyata tempat wisata yang ada di Sumatera Utara ini dapat
dijadikan sebagai poster yang menarik yang mewakili ide dan gagasan penulis
untuk menciptakan karya seni grafis komputer. Kemudian dicoba dengan memvisualkan
ide dan imajinasi ke dalam seni grafis komputer dengan menggunakan teknik yang
dapat mendukung atau menghasilkan perwujudan karya yang maksimal dan telah
melalui proses pengolahan sesuai cita rasa, mengekspresikan perasaan dalam
karya, serta dapat menambahkan bentuk-bentuk sesuai fantasi yang tentunya
diselaraskan dengan tema karya.
. Pembatasan Masalah
Berdasarkan banyaknya tempat wisata yang ada
di Indonesia maka penulis membatasi masalah pada penciptaan karya seni grafis
teknik digital berdasarkan daerahnya yaitu hanya tempat wisata di Sumatera
Utara
Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka
dapat dirumuskan sebagai
berikut :
berikut :
1.
Apa saja
tempat wisata yang menarik di Sumatera Utara?
2. Bagaimana
proses pembuatan desain komunikasi visual (poster) wisata sebagai media promosi
pariwisata di Sumatera Utara?
3. Bagaimanakah bentuk karya seni grafis komputer
yang diciptakan?
Tujuan
Tujuan dari penulisan laporan ini antara lain:
1.
Mendeskripsikan
apa-apa saja objek wisata yang ada di Sumatera Utara.
2.
Mendeskripsikan
proses pembuatan desain komunikasi visual (poster) wisata sebagai media promosi
pariwisata di Sumatera Utara
3.
Mendeskripsikan
bentuk karya seni grafis komputer yang telah diciptakan.
Manfaat
Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diambil dari laporan ini :
1.
Sebagai
sarana pembelajaran dalam menerapkan pengetahuan baik teoretis maupun praktis.
2.
Sebagai
bahan pembelajaran, referensi dan sumber pengetahuan dunia seni rupa khususnya
seni grafis.
3.
Sebagai
landasan berpikir kreatif dalam proses penciptaan karya seni grafis.
KAJIAN
TEORI
Pengertian
Desain
Secara etimologi kata desain berasal dari
kata design (Itali) yang artinya gambar (Jervis, 1984). Kata ini diberi makna
baru dalam bahasa Inggris pada abad-17, yang dipergunakan untuk membentuk
school of design tahun 1836. Makna baru tersebut dalam praktek kerapkali
semakna dengan kata craft, kemudian atas jasa Ruskin dan Morris, dua tokoh
gerakananti industri di Inggris pad abad ke-19, kata desain diberi bobot
sebagai art and craft yaitu paduan antara seni dan ketrampilan (Sachari dan
Sunarya,2002:2).
Menurut Buchori(dalam Lubis dan
Suwarno,2007:3) dibidang keseni-rupaan, desain merupakan upaya inovasi dengan
menciptakan suatu produk baru yang memenuhi kriteria (atau kondisi yang
diinginkan), bersifat humaniora. Dalam hal ini bentuk menjadi tujuan. Sedangkan
dalam bidang rekayasa, desain merupakan upaya inovasi dengan menciptakan produk
baruyang memenuhi kriteria efektivitas teknis dan berdasarkan efisiensi. Dalam
hal ini bentuk dinilai sebagaiakibat.
Dari pengertian desain di atas, secara umum
dan sederhana penulis disimpulkan bahwa desain merupakan suatu kegiatan
yangprosesnya selalu berkaitan dengan seni dan ketrampilan. Aktivitas melakukan
upaya perubahan pada produk ciptaan manusia. Produk yang diciptakan untuk
memenuhi kritrian kondisi dan efektivitas teknis.
B.
Pengertian Desain Grafis
Pengertian
Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti
tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan
suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Secara
singkat, design grafis diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desain
grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin, dalam desain grafis, teks
juga di anggap gambar. Mengapa bisa begitu ? yah , tak lain tak bukan karna
teks juga merupakan hasil abtraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Dalam
desain grafis masalahnya mencakup berbagai bidang seperti teknik perencanaan
gambar, bentuk, simbol, huruf, fotografi dan proses cetak disertai pula dengan pengetahuan
tentang bahan dan biaya.
Biasanya
Desain grafis biasanya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku,
majalah, dan brosur tetapi sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi desain
grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai
desain interaktif atau desain multimedia.
Sehingga
batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
Tujuan
desain grafis selain menciptakan desain atau perencanaan fungsional estetis,
namun juga yang informatif dan komunikatif dengan masyarakat yang dilengkapi
pula dengan pemahaman mengenai psikologi massa dan teori-teori pemasaran,
sehingga karya-karya desain grafis ini bisa merupakan alat promosi yang ampuh.
Dari
sinilah Desain grafis juga seperti jenis desain lainnya merujuk kepada proses
pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun
disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Ketika
membahas unsur dalam desain grafis maka tidaklah berbeda dengan dalam disiplin
desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur,
garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip
dan Unsur dalam design grafis hampir sama dengan design lainnya :
- Keseimbangan
(balance),
- Ritme
(rhythm),
- Tekanan
(emphasis),
- Proporsi
(“proportion”) dan kesatuan (unity),
Pengertian
Desain Komunikasi Visual
Menurut Tinarbuko (2009:23), desain komunikasi
visual adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreasi, yang
diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual dengan mengolah elemen
desain grafis terdiri dari gambar (ilustrasi), huruf, warna, komposisi dan
layout. Semuanya itu dilakukan guna menampilkan pesan secra visual, audio dan
audio visual kepada target sasaran yang dituju. Desain komunikasi visual salah
satu bagian dari seni terapan yang mempelajari tentang perencanaan dan
perancagan berbagai bentuk informasi komunikasi visual. Perjalanan
kreativitasnya diawali dari menemukan permasalahan komunikasi visual, mencari
data verbal dan visual, menyusun konsep kreatif yang berlandaskan pada
karakteristik target sasaran, sampai dengan penentuan visualisasi final desain
untuk mendukung tercapainya sebuah komunikasi verbal-visual yang fungsional,
persuasif, artistik, etistis dan komunikatif.
Menurut Yuliastanti (2008:11) desain grafis
atau graphic design adalah istilah yang digunakan sebelum adanya istilah desain
komunikasi visual. Hal ini dilakukan utuk mengantisipasi perkembangan dunia
komunikasi visual serta perannya yang semakin luas, maka digunakan istilah
desain komunikasi visual. Desain komunikasi visual adalah ilmu yang
mengembangkan bentuk bahasakomunikasi visual berupa pengolahan pesan-pesan
untuk tujuan sosial ataupun komersial, dari individu atau kelompok lainnya.
Berdasarkan beberapa pengertian desain
komunikasi visual di atas dapat dipahami bahwa desain komunikasi visual
merupakan ilmu yang mempelajari konsep kamunikasi dan ungkapan kreatif.
Mengkomunikasikan berbagai informasi melalui media komunikasi visual dengan
tujuan mempengaruhi individu atau kelompok tertentu, mengharapkan individu atau
kelompok memberikan respon positif kepada pesan visual yang bersifat sosial
maupun komersial.
Program
Pengolah Grafis
Desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka
sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan
pembuatan karya.
Aplikasi Pengolah Tata Letak
(Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan
brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu
mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti
Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
·
Adobe FrameMaker
·
Adobe In Design
·
Adobe PageMaker
·
Corel Ventura
·
Microsoft Publisher
·
Quark Xpress
Aplikasi Pengolah
Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering
disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa
kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi
yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
·
Adobe Illustrator
·
Beneba Canvas
·
CorelDraw
·
Macromedia Freehand
·
Metacreations Expression
·
Micrografx Designer
Aplikasi Pengolah
Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu
objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi
beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya,
foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki
kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan
pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah
dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi
bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
·
Adobe Photoshop
·
Corel Photo Paint
·
Macromedia Xres
·
Metacreations Painter
·
Metacreations Live
Picture
·
Micrografx Picture
Publisher
·
Microsoft Photo Editor
·
QFX
·
Wright Image
·
Pixelmator
·
Manga studio
·
Gimp
Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat
dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul
teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan
program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara
ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan
aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
·
Adobe After Effect
·
Power Director
·
Show Biz DVD
·
Ulead Video Studio
·
Element Premier
·
Easy Media Creator
·
Pinnacle Studio Plus
·
WinDVD Creater
·
Nero Ultra Edition
·
Camtasia
Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya
digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi,
profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun
DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan
suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih
interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
·
Macromedia Authorware
·
Macromedia Director
·
Macromedia Flash
·
Multimedia Builder
·
Ezedia
·
Hyper Studio
·
Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
·
Xara 3D
·
3Ds Max
·
Houdini
·
Lightware
·
Blender
·
Pixar
·
Maya
·
Poser
·
AutoCad
METODE
PENCIPTAAN
Software Pengolah Desain Grafis yang Digunakan
Pengertian Corel Draw
Corel
Draw adalah software atau aplikasi berbasis dekstop komputer yang
digunakan untuk membuat atau melakukan editor grafik vektor. Aplikasi yang
dibuat oleh Corel (sebuah perusahaan software yang berbasis di Ottawa, Kanada)
dirilis pertama kali dengan versi 1 pada Januari 1989. Dalam perkembangannya,
aplikasi ini sudah muncul versi terbarunya yakni Corel Draw 8 atau Corel Draw
X8 yang dirilis pada tanggal 15 Maret 2016.
Aplikasi
Corel Draw ini fokus pada editor gambar, sehingga banyak dipakai oleh pengguna
dalam bidang advertising, desain visual, serta percetakan dan bidang lain yang
memerlukan format visualisasi.
Fungsi Corel Draw dan Kegunaannya
Secara
umum fungsi corel draw adalah sebagai editor grafik vertor yang
menghasilkan gambar visual. Namun, banyak sekali pengguna corel draw yang
menggunakannya diberbagai bidang yang memiliki insting desain grafis atau karya
visual. Berikut ini contoh kegunaan corel draw yang mungkin sesuai dengan bidang
Anda.
1) Menggunakan corel draw untuk membuat desain
logo atau simbol untuk branding. Jawaban ini yang paling sering dijumpai ketika
Anda mempertanyakan "Kenapa ada menggunakan corel draw?". Di corel
draw, mengolah garis dan warna sangatlah mudah dan simpel, sehingga banyak
pecinta desain grafis yang menggunakannya.
2) Menggunakan corel draw untuk membuat
undangan, brosur, pamflet, dan lain - lain. Sebagai pengusaha percetakan, Anda
mungkin wajib mengetahui atau menguasai corel draw untuk mendesain media publikasi
offline. Kenapa begitu? Karena didalam aplikasi corel draw ini dipenuhi oleh
berbagai jenis font untuk menunjang kreatifitas dan imajinasi dalam mengolah
brosur, pamflet, sampul buku dan lain-lain.
3) Menggunakan corel draw untuk membuat cover
buku. Kelebihan corel draw lainnya yakni dalam hal detil gambar dan kejelasan
warna dalam mendesain. Cover buku memerlukan tingkat kejelasan dan spesifikasi
mendetil terhadap desain yang diinginkan. Oleh karena itu, banyak pengguna yang
memilih corel draw sebagai pilihan utama untuk membuat desian sampul buku.
4) Menggunakan corel draw untuk membuat gambar
ilustrasi. Banyak aplikasi serupa corel draw namun kemudahan dan keakuratan
desain serta hasil lebih bagus corel draw. Misal dalam pembuatan gambar
ilustrasi, perlu sebuah hasil yang akurat baik itu dari sisi garis, ketebalan
garis, lengkungan garis, sudut serta kerapatan, sehingga aplikasi corel draw
menjadi pilihan utama.
3. Keunggulan Corel Draw
Suatu
program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa
keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
1) Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis
vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah
dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
2) Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang
ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang
baru pertama menggunakannya.
3) Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara
tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
4) Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya
komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak
kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak
ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
4.
Fungsi-fungsi
Toolbox pada Corel Draw
Toolbox pada CorelDRAW bisa diartikan sebagai kotak perkakas
yang berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat dan memodifikasi objek.
Beberapa tool secara default terlihat pada Toolbox, tapi beberapa tool tidak
terlihat. Untuk memunculkan tool yang tersembunyi kita harus klik pada panah
kecil yang ada dipojok kanan bawah tool yang terlihat, dengan klik panah kecil
tersebut akan terbuka atau muncul flyout yang berisi tool-tool yang
tersembunyi. Flyout yang terbuka akan menampilkan sekumpulan tool CorelDraw
yang berkaitan dengan toolbox yang dibuka, panah kecil pada bagian pojok kanan
bawah toolbox menandakan adanya flyout pada tombol tersebut.
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6, megapa penulis menampilkan fungsi-fungsi toolbox pada corel
draw x6 karena dalam penciptaan desain komunikasi visual (poster) penulis
menggunakan corel draw x6.
-Freehand Pick tool; untuk menyeleksi objek dengan bebas
-Smudge brush tool; untuk mengubah objek vektor dengan cara
men-drag sepanjang garis luar.
-Roughen brush tool; untuk mengubah garis luar dari objek
vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar.
-Free transform tool; untuk mengubah suatu objek dengan
menggunakan Free rotation, angle rotation, Scale, dan Skew tool.
-Croop tool; untuk
menghilangkan area yang tidak dikehendaki.
-Knife tool; untuk memotong objek.
-Eraser tool; untuk menghilangkan daerah yang tidak
diinginkan pada gambar anda.
-Virtual segment delete tool; untuk menghapus bagian dari objek-objek
diantara persimpangan.
-Zoom tool; untuk
merubah perbesaran level dalam jendela kerja.
-Pan tool; untuk mengontrol bagian gambar mana yang akan
di gambar ulang dalam jendela kerja
-Freehand tool; untuk
menggambar garis tunggal dan kurva.
-Bèzier tool; untuk menggambar kurva satu bagian pada
waktu yang sama.
-Artistic media tool; menyediakan akses pada Brush, Sprayer,
Calligraphic, dan Pressure tool.
-Pen tool; untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu.
-Polyline tool; untuk menggambar garis-garis dan kurva.
-3 Point curve tool; untuk menggambar suatu kurva dengan
menentukan titik awal, akhir, dan titik tengah
-Smart fill tool; untuk
mewarnai objek-objek yang terlampir, tool ini dapat mewarnai isi dan garis dari
objek tersebut dan objek yang telah terisi dapat dipisahkan dengan gambar
dasarnya.
-Smart drawing tool; mengubah coretan-coretan tangan menjadi
garis yang halus dan sempurna.
-Rectangle tool; untuk
menggambar bujur sangkar dan kotak.
-3 point rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar pada
suatu sudut tertentu.
-Ellipse tool; untuk
menggambar bentuk lonjong atau lingkaran.
-3 point ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau
lingkaran pada suatu sudut tertentu.
-Polygon tool; untuk
menggambar poligon atau bintang secara simetris.
-Star tool; untuk menggambar bentuk bintang yang
sempurna.
-Complex star tool; untuk mengggambar bentuk bintang yang
komplek atau bintang yang mempunyai banyak sisi.
-Graph paper tool; digunakan untuk menggambar sekat yang terdiri
dari garis-garis serupa.
-Spiral tool; digunakan untuk menggambar spiral.
-Basic shape tool; untuk
memilih bermacam-macam bentuk, termasuk bentuk smile, halilintar, bentuk hati,
dan lain-lain.
-Arrow shape tool; untuk menggambar beraneka ragam jenis
bentuk panah, dan arah panah.
-Flowchart shapes tool; untuk menggambar symbol flowchart.
-Banner shapes tool; untuk menggambar bentuk yang menyerupai
pita atau efek ledakan.
-Callout shapes tool; untuk membuat label dan callout.
-Text tool; untuk menuliskan kata secara langsung pada
layar sebagai paragrap atau artistik teks.
-Table tool; untuk membuat dan meng-edit tabel
-Dimension tool terdiri dari : Parallel Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi miring
-Horizontal or Vertikal Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal
dan vertikal
-Angular Dimension; untuk
membuat garis ukuran segitiga atau sudut
Segment Dimension; untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
Segment Dimension; untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
-3-Point Callout; untuk
membuat garis petunjuk, yang terdiri dari tiga titik yang membentuk garis untuk
petunjuk atau keterangan.
-Interactve connector tool terdiri dari; Straight-Line Connector; untuk membuat konektor lurus
-Right-Angle Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam
-Right-Angle Round
Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul
-Edit Anchor; untuk
memodifikasi garis konektor
-Interactive blend tool; untuk
mencampur dua objek
-Interactive contour tool; untuk membuat suatu bentuk garis luar
pada suatu objek menggunakan bentuk dasarnya.
-Interactive distortion tool; untuk melakukan penyimpangan pada suatu
objek, tool ini mempunyai 3 bentuk penyimpangan dasar yaitu: Push and Pull
Distortion, Zipper Distortion, atau Twister Distortion.
-Interactive drop shadow tool; untuk memberikan bayangan pada suatu
objek.
-Interactive envelope; untuk menyimpangkan suatu objek dengan
cara men-drag node.
-Interactive extrude; untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada
objek.
-Interactive transparency tool; untuk membuat objek menjadi transparan.
-Color Eyedropper tool; untuk
memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis,
ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar, yang disertai tampilan
code HTML warna
-Attributes Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada
objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek
pada jendela gambar.
-Paintbucket tool; untuk objek properti, seperti halnya
fill, ketebalan garis, pada suatu objek dalam jendela gambar setelah anda
memilih properti ini dengan menggunakan Color Eyedropper tool atau Attributes
Eyedropper tool.
-Outline tool Ketika
kita memilih tool ini flyout akan muncun dan memberikan akses cepat ke beberapa
fasilitas, seperti kotak dialog Outline Pen dan Outline Color.
-Fill tool; seperti
halnya Outline tool ketika kita memilih Fill tool ini flyout akan muncul dan
memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti ke kotak dialog Fill
(Uniform Fill, Fontain Fill, dsb).
-Interactive fill tool; untuk memberi warna dengan beberapa
variasi gradasi fill
-Interactive mesh tool; untuk memberi warna gradasi fill
menggunakan garis (grid) yang terdiri dari beberapa node.
PEMBAHASAN
. Hasil Karya
Penciptaan
1.
Danau Linting
Judul : “Danau Linting”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Poster diatas merupakan poster wisata
yang ada di Kota Medan, yaitu Danau Linting. Poster ini dibuat menggunakan aplikasi
corel draw x6. Dalam poster tersebut dibuat letak tempat wista dimana, harga
tiket masuk, serta sponsor-sponsor sebagai perumpaan jika nanti berhasil dalam
pemasaran poster, sponsor tersebut akan disertakan dalam poster. Warna
bakcground poster menggunakan warna dingin yaitu biru agar terlihat lebih
menyatu dengan gambar-gambar air di danau linting. Di bawah bacaan danau dibuat
vektor berbentuk gelombang air. Vektor tersebut hanya sebagai hiasan tambahan
agar terlihat lebih segar dan menarik. Selain itu huruf d pda kata danau dan l
pada kata linting ada huruf yang penulis buat sendiri menggunakan toolbox
artistic media tool.
2. Aek Sijorni
Judul : “Aek Sijorni”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Poster ini merupakan karya kedua
penulis yang berjudul Aek Sijorni. Poster ini di desain menggunakan aplikasi
corel draw x6. Aek sijorni ini tereletak di daerah tapanuli selatan dan tentunya
masih dalam wilayah Sumatera Utara. Dalam poster tersebut terdapat empat gambar
satu gambar berbentuk persegi panjang 3 gambar berbentuk segi enam yang disusun
semenarik mungkin. Gambar tersebut berfungsi untuk memperlihatkan bagaimana
jernihnya air disana. Di Tapanuli Selatan aek itu berarti air dan sijorni itu
jernih. Background yang digunakan pada poster adalah warna hitam gunanya untuk
lebih memperjalas atau mempertajam gambar-gambar yang ada pada poster. Huruf A
pada kata aek dan huruf s pada kata sijorni serta gelombang seperti air yang
ada pada kata ek adalah huruf yang penulis buat sendiri menggunakan artistic
media tool.
3.
Torsibohi Nauli Hotel
Judul : “Torsibohi Nauli Hotel”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Torsibohi nauli hotel adalah salah
satu hotel yang termasuk bagus dan banyak menarik perhatian wisatawan luar.
Hotel ini bukan hanya hotel yang dibuat untuk menginap saja, hotel ini terbuka
untuk umum karena di dalam hotel ini
terdapat spot-spot foto yang menarik, rumput-rumput yang bagus sehingga dibuka
untuk umum sebagai tempat wisata. Poster ini dilengkapi dengan empat gambar
yang menarik, sponsor-sponsor untuk poster ini serta biaya menginap. Untuk yang
datang hanya untuk berwisata hanya dikenakan biaya parkir saja. Pada poster
tersebut huruf t yang digunakan pada kata torsibohi adalah huruf yang penulis
buat sendiri menggunakan artistic media tool. Warna bacjground yang digunakan
adalah warna hijau tosca agar dapat mengambil kesan hijau pada rumput dan biru
pada langit.
4.
Air Terjun Sipiso Piso
Judul : “Air Terjun Sipiso Piso”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Poster Air terjun sipiso piso ini
adalah karya keempat penulis. Warna background yang digunakan pada poster ini
adalah warna biru, warna ini disesuaikan dengan tempat wista yang dipilih yaitu
air terjun. Terdapat tiga gambar pada poster yang disusun serapi mungkin. Huruf
yang digunakan menggunakan huruf dari aplikasi corel tidak ada huruf yang
penulis buat sendiri seperti poster-poster sebelumnya.
5.
Aek Sabaon
Judul : “Aek Sabaon”
Ukuan : A3
Teknik : Digital/ Poster
Poster aek sabaon ini adalah karya
ke lima penulis. Aek sabaon ini terletak di daerah Tapanuli Selatan. Dulunya
banyak mengatakan tempat ini dengan rumah kaca, karena pada tempat wisata
tersebut ada terdapat ruangan yang dipenuhi dengan kaca. Pada judul poster aek
sabaon penulis tambahkan kupu-kupu agar terlihat lebih manis. Huruf yang
penulis buat adalah huruf yang ada pada aplikasi corel, tetapi setelah kata aek
penulis tambahkan gelombang seperti air untuk menandakan bahwa aek itu adalah
air.
6.
Pulau Mursala
Judul : “Pulau Mursala”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Selanjutnya adalah poster pulau
mursala. Pulau mursala ini terdapat di daerah tapanuli utara dan tentunya masih
termasuk dalam wilayah Sumatera Utara. Untuk dapat sampai ke pulau tersebut
harus menyebrang terlebih dahulu dengan biaya yang cukup menuras kantong. Warna
yang penulis gunakan adalah warna hitam agar gambarnya lebih menonjol. Huruf
yang digunakan juga mengguakan huruf yang ada pada aplikasi corel, tidak ada
huruf yang penulis buat sendiri seperti poster sebelum-sebelumnya. Pada poster
ini penulis membuat ig dan wa penulis yang tujuannya jika berminat untuk
membuat poster atau apa yang berkaitan dengan desain grafis komputer agar dapat
menghubungi penulis. Hal tersebut dibuat sebenranya jika penulis sudah
bekerjasama dengan dinas kepariwisataan atau juga sudah membuka orderan untuk
membuat poster dan lain sebaginya.
7.
Bukit Holbung
Judul : “Bukit Holbung”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/
Poster
Poster berikutnya berjudul bukit
holbung yang terletak di Kabupaten Samosir. Poster ini merupakan karya penulis
yang ke tujuh. Di bukit holbung ini kita dapat melihat keindahan Danau Toba
dari atas. Warna yag penulis gunakan adalah warna lembut yaitu biru yang
penulis sesuaikan dengan warna langit dan air danu yang biru, dibuat kesan
transparansi sedikit agar terlihat lebih manis. Gambar yang penulis buat pada
poster berjumlah lima. Huruf b pada kata bukit adalah huruf yang penulis buat sendiri
menggunakan artistic media tool.
8.
Kebuh Teh Sidamanik
Judul : “Kebu Teh Sidamanik”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Karya poster diatas berjudul kebun
teh sidamanik, kebuh teh ini terdapat di Kecamatan Sidamanik. warna poster yang
penulis buat adalah warna hijau agar sesuai dengan tempat wisatanya yaitu kebun
teh ditambah kesan transparansi agar lebih manis dan menarik. Huruf yang
penulis gunakan adalah dari aplikasi corel draw x6. Gambar yng penulis buat
berjumlah 3 yang disetiap pinggiran gambarnya penulis buat warna hitam sehingga
terkesan seperti bingkainya.
9.
Sapo Juma
Judul : “Sapo Juma”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Poster
Karya selanjutnya adalah poster yang
berjudul sapo juma. Sapo Juma ini terdapat di Kabupaten Karo. Di sapo juma ini banyak
terdapat jenis-jenis bunga dan itulah ciri khas dari tempat wisata ini. Warna
background poster yang penulis buat adalah warna hijau dengan sedikit
transparansi yang penulis sesuaikan dengan tanaman yang biasa diidentik dengan
warna hijau. Gambar yang penulis buat berjumlah 4 dengan garis pinggir
putus-putus warna hitam yang terkesan seperti bingkainya. Pada bagian bawah
poster penulis buat vektor bunga-bunga untuk menambah kesan indah pada poster
ini, pembuatan poster ini cukup lama karena penulis menambahkan vektor
bunga-bunga tersebut. Pada poster ini penulis memiliki ide untuk menambahkan
vektor pada poster, sebenarnya penulis ingin membuat vektor yang
menarik-menarik juga pada poster yang lain tetapi berhubung waktunya sudah
mepet, jadi penulis memutuskan untuk membuatnya pada poster yang lain saja,
karena poster-poster ini adalah untum pemenuhan mata kuliah peminatan grafis
komputer. Pada judul poster penulis tambahkan kupu-kupu agar lebih bagus karena
sapo juma ini adalah surganya tanaman. Huruf yang penulis gunakan adalah huruf
yang memang sudah ada pada aplikasi coreal draw bukan huruf yang penulis buat
sendiri seperti pada poster-poster sebelumnya.
10. Rumah Pohon Habitat
Judul : “Rumah Pohon Habitat”
Ukuran : A3
Teknik : Digital/ Printing
Poster ini adalah poster yang
terakhir yaitu poster ke sepuluh dari sepuluh karya. Poster ini berjudul Rumah
Pohon Habitat wrana yang penulis apliaksikan pada poster ini adalah warna biru
muda yang keputih-putihan yang terkesan seperti langin yang sedang berawan.
Gambar yang penulis buat pada poster ini berjumlah 4, yang terkesan seperti
dari cuaca pagi siang sore. Huruf yang penulis gunakan adalah huruf yang
terdapat pada aplikasi corel draw x6.
Pandangan Tentang
Karya
1.
Pandangan Tentang
Saudara
·
Ibu
“Bagus nak, terus
belajar dan berusaha jangan lupa sholat, berdoa dan tawakal”.
·
Ayah
“Bagus nang, walaupun
bapak gk begitu mengerti tapi bapak lihat sudah bagus2 karyanya, terus belajar,
berusaha, sholat, doa tawakal”.
·
Wilda Rizkiyah Nur
Nasution
“Bagus dek, cantik,
warnanya suka kakak, itu hurufnya ada yang kau buat sendiri yah, terus belajar
ya dek, jangan lupa sholat dan berdoa”.
·
Mukhlan Syarif
Nasution
“Punya kiyah itu?
Bagus dek tingkatkan terus yah harus jadi kebanggaan keluarga”.
·
Shela Ginting
“Bagus kakak liat
dek, menarik bisalah kau jualkan itu ke tempat wisatanya lumayan itu”.
·
Nurul Khairiah
Nasution
“Ini hasil dari
peminatanmu yang grafis komputer itu dekku, uda bisala kakak liat kita jualkan
ke tempat wisatanya, lanjutkan terus dek”.
·
Jenniwati Simamora
“Bagus boumen,
tingkat terus yah bou biar buka percetakan kita nanti”.
2.
Pandangan Tentang
Teman
·
Minasiyah Harahap
“Menarik, warnanya
cocok dengan tema yang dibuat, penempatan gambar-gambarnya rapi dan sesuai”.
·
Dwi Ulfa Rahmadani
“Bagus zek siap
juganya tugasnya”.
·
Syaripah Hanum
“Udah siap tugasmu
zek, cantik tap posternya nanti bisalah buat poster untuk jualanku kan”.
·
Yani Sembiring
“Bagus zek, udah
mantap itu”.
·
Sumantri Hadi Sudewo
“Siap karya kau zek,
mantap tapi kuliat bacot kau ajanya gk siap”.
·
Nopria Martin
“Tugas kau itu zek
siapnya tapi bagus kuliat, udah keren itu juara 1 kau”
·
Rizky Gunawan Harahap
“Uda siap tugasmu
kamben, bagus-bagusnya ku liat karyanya, keren-keren bisala nnti buat poster
acara-acara organisasi kita”.
·
Lucky Arichman
“Mantap kamben,
lanjutkan teruuus”.
·
Pani Rezky
“Bagus kamben uda
mantap itu, palanjutma torus”.
·
Dony Arby Maulana
“Sikat terus,
mantap-mantap kamben posternya”.
3.
Pandangan Masayarakat
Sekitar Tempat Tinggal
·
Rini
“cantik kiyah buatkan
aku poster untuk jualanku la”.
·
Kiki
“Bagus kiyah,
pantesan kau di depan laptop aja rupanya ngerjain ini”.
·
Putri
“Bagus kak e, cantik
pantesan payah di cakapin klo udah di depan laptop yah”.
·
Mey
“Mantap kak, kakak
yang buat sendiri? Bisalaah”.
·
Kak Lia
“Cantik, bisa kiyah
buat yang kek gituan yah”.
·
Bang Sandi
“Inii ruapanya
kerjaan anak kost yah di rumah, bagus dek, lanjutkan terus”.
·
Opung Kost
“Bagus, kamar nomor
berapa kamu?”.
PENUTUPAN
Desain
grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin, dalam desain grafis, teks
juga di anggap gambar.
Desain komunikasi visual merupakan ilmu yang
mempelajari konsep kamunikasi dan ungkapan kreatif. Mengkomunikasikan berbagai
informasi melalui media komunikasi visual dengan tujuan mempengaruhi individu
atau kelompok tertentu, mengharapkan individu atau kelompok memberikan respon
positif kepada pesan visual yang bersifat sosial maupun komersial.
Melihat
perkembangan dunia pariwisata yang begitu pesat maka dunia pariwisata merupakan
suatupeluang yang menjanjikan dimasa mendatang. Selain itu pariwisata juga merupakan
sebuah kebutuhan yang sangat penting di era kehidupan modern. Untuk menunjang
itu semua maka sangat diperlukan sebuah sarana dan prasarana baik itu
infrastruktur maupun informasi dan promosi yang terfokus dan terarah yang
nantinya dapat memberikan pengenalan kepada wisatawan sehingga dapat
meningkatkan volume wisatawan di Sumatera Utara.
Selain dalam pemenuhan tugas kuliah peminatan
grafis komputer, dalam pembuatan poster ini penulis juga memiliki tujuan untuk
bekerjasama dengn Dinas Kepariwisataan atau kepada pemilik pribadi tempat
wisata untuk memasarkan poster yang penulisa buat yang tujuannya untuk
mempromosikan tempat wisata tersebut.
Ada banyak hal yang perlu di perhatikan dalam
proses pembuatan poster yaitu dari segi layout, warna yang sesuai, serta yang
paling utama adalah Tipografinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.