Pages

Selasa, 10 Desember 2019

Objek Wisata Di Sumatera Utara Sebagai Tema Dalam Menciptakan Karya Seni Grafis Desain Komunikasi Visual (Poster)

Disusun oleh


Zakiyah Rahman Nasution
2161151030, Reg/ B

PENDAHULUAN

     Latar Belakang

Seni rupa adalah suatu wujud hasil karya manusia yang diterima dengan indra pengelihatan, dan secara garis besar dibagi menjadi seni murni dengan seni terapan. Seni murni merupakan istilah untuk menandai bahwa karya yang dihasilkan tidak dimaksudkan untuk memenuhi tujuan praktis atau fungsional, tetapi murni sebagai media ekspresi, seperti seni lukis, seni grafis, seni patung degan berbagai teknik beserta aliran-alirannya, seperti realisme, naturalisme, abstrak, surealisme, dan lain-lain. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai media ekspresi, seni murni juga mewadahi seni lingkungan, seni instalasi, dan seni pertunjukan media rupa.
Grafis computer atau computer grafis adalah bagian dari ilmu computer yang memiliki kaitan dengan memanipulasi gambar. Computer grafis bisa disebut juga dengan proses penyimpanan atau manipulasi dari suatu model, gambar, grafik, diagram, atau artistik menggunakan komputer (digital) dengan bantuan software. Secara singkatnya computer grafis adalah suatu kaitan dengan manipulasi gambar(visual) secara digital. Awal ditemukannya istilah grafis computer oleh William Fetter pada tahun 1960. Computer grafis memiliki dua jenis, yaitu computer grafis 2D dan 3D, perbedaannya terdapat pada bentuk dan modelnya, jika 2D itu adalah bentuk sederhana dari computer grafis, sedangkan 3D adalah hasil dikembangkannya 2D yang akan membuat gambar lebih nyata terlihat.
Pariwisata merupakan salah satu sektor pendukung ekonomi penting di Indonesia. Pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa negara setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Pariwisata di Indonesia sudah berkembang pesat dimana yang dahulunya berupa wisata kelompok atau massa sekarang menjadi pola wisata individu atau wisata keluarga yang lebih fleksibel dalam perjalanan wisata, sehingga para wisatawan pun dapat lebih berinteraksi dengan alam, budaya, dan masyarakat.
Wisata  alam adalah bentuk kegiatan  rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budidaya, sehingga memungkinkan  wisatawan  memperoleh kesegaran jasmaniah  dan  rohaniah,  men-dapatkan  pengetahuan dan pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam (Anonymous, 1982 dalam Saragih, 1993).
Pengertian obyek dan daya tarik wisata menurut Marpaung (2002:78) adalah suatu bentukan dari aktifitas dan fasilitas yang berhubungan, yang dapat menarik minat wisatawan atau pengunjung untuk datang ke suatu daerah atau tempat tertentu.
Pemilihan objek wisata sebagai inspirasi penciptaan karya seni grafis komputer dalam bentuk poster adalah karena objek-objek wisata di Indonesia ini sangat banyak dan tentunya tidak kalah indahnya dengan objek-objek wisata di Luar Negeri. Dengan dibuatnya poster mengenai objek wisata yang ada di Indonesia ini, maka akan lebih mudah untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia khusunya wialayah Sumatera Utara kepada masyarakat. Selain itu tujuan penciptaan poster bertema objek wisata yang ada di Sumatera Utara ini adalah untuk mempromosikan kepada seluruh masyarakat bagaimana tempat wisata tersebut, fasilitas apa saja yang ada serta kira-kira berapa badget yang dibutuhkan selama berwisata di tempat tersebut serta lain sebagainya.
Selain untuk mempromosikan tempat wisata tersebut kepada masyarakat. Tujuan penciptaan poter bertema objek wisata ini adalah untuk terjalinnya kerjasama penulis dengan pengelola objek wisata, baik itu dari segi komunikasi yang terjalin bagus serta dari segi ekonomi yang bisa sama-sama menguntungkan antara penulis denga pengelola tempat wisata.
Dengan demikian penulis menyadari bahwa ternyata tempat wisata yang ada di Sumatera Utara ini dapat dijadikan sebagai poster yang menarik yang mewakili ide dan gagasan penulis untuk menciptakan karya seni grafis komputer. Kemudian dicoba dengan memvisualkan ide dan imajinasi ke dalam seni grafis komputer dengan menggunakan teknik yang dapat mendukung atau menghasilkan perwujudan karya yang maksimal dan telah melalui proses pengolahan sesuai cita rasa, mengekspresikan perasaan dalam karya, serta dapat menambahkan bentuk-bentuk sesuai fantasi yang tentunya diselaraskan dengan tema karya.

.    Pembatasan Masalah

Berdasarkan banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia maka penulis membatasi masalah pada penciptaan karya seni grafis teknik digital berdasarkan daerahnya yaitu hanya tempat wisata di Sumatera Utara

     Rumusan Masalah

Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan sebagai
berikut :
1.      Apa saja tempat wisata yang menarik di Sumatera Utara?
2.   Bagaimana proses pembuatan desain komunikasi visual (poster) wisata sebagai media promosi pariwisata di Sumatera Utara?
3.      Bagaimanakah bentuk karya seni grafis komputer yang diciptakan?

    Tujuan

Tujuan dari penulisan laporan ini antara lain:
1.      Mendeskripsikan apa-apa saja objek wisata yang ada di Sumatera Utara.
2.      Mendeskripsikan proses pembuatan desain komunikasi visual (poster) wisata sebagai media promosi pariwisata di Sumatera Utara
3.      Mendeskripsikan bentuk karya seni grafis komputer yang telah diciptakan.

    Manfaat

    Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diambil dari laporan ini :
1.      Sebagai sarana pembelajaran dalam menerapkan pengetahuan baik teoretis maupun praktis.
2.      Sebagai bahan pembelajaran, referensi dan sumber pengetahuan dunia seni rupa khususnya seni grafis.
3.      Sebagai landasan berpikir kreatif dalam proses penciptaan karya seni grafis. 


KAJIAN TEORI

     Pengertian Desain

Secara etimologi kata desain berasal dari kata design (Itali) yang artinya gambar (Jervis, 1984). Kata ini diberi makna baru dalam bahasa Inggris pada abad-17, yang dipergunakan untuk membentuk school of design tahun 1836. Makna baru tersebut dalam praktek kerapkali semakna dengan kata craft, kemudian atas jasa Ruskin dan Morris, dua tokoh gerakananti industri di Inggris pad abad ke-19, kata desain diberi bobot sebagai art and craft yaitu paduan antara seni dan ketrampilan (Sachari dan Sunarya,2002:2).
Menurut Buchori(dalam Lubis dan Suwarno,2007:3) dibidang keseni-rupaan, desain merupakan upaya inovasi dengan menciptakan suatu produk baru yang memenuhi kriteria (atau kondisi yang diinginkan), bersifat humaniora. Dalam hal ini bentuk menjadi tujuan. Sedangkan dalam bidang rekayasa, desain merupakan upaya inovasi dengan menciptakan produk baruyang memenuhi kriteria efektivitas teknis dan berdasarkan efisiensi. Dalam hal ini bentuk dinilai sebagaiakibat.
Dari pengertian desain di atas, secara umum dan sederhana penulis disimpulkan bahwa desain merupakan suatu kegiatan yangprosesnya selalu berkaitan dengan seni dan ketrampilan. Aktivitas melakukan upaya perubahan pada produk ciptaan manusia. Produk yang diciptakan untuk memenuhi kritrian kondisi dan efektivitas teknis.
B.     Pengertian Desain Grafis
Pengertian Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Secara singkat, design grafis diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin, dalam desain grafis, teks juga di anggap gambar. Mengapa bisa begitu ? yah , tak lain tak bukan karna teks juga merupakan hasil abtraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Dalam desain grafis masalahnya mencakup berbagai bidang seperti teknik perencanaan gambar, bentuk, simbol, huruf, fotografi dan proses cetak disertai pula dengan pengetahuan tentang bahan dan biaya.
Biasanya Desain grafis biasanya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur tetapi sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Sehingga batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Tujuan desain grafis selain menciptakan desain atau perencanaan fungsional estetis, namun juga yang informatif dan komunikatif dengan masyarakat yang dilengkapi pula dengan pemahaman mengenai psikologi massa dan teori-teori pemasaran, sehingga karya-karya desain grafis ini bisa merupakan alat promosi yang ampuh.
Dari sinilah Desain grafis juga seperti jenis desain lainnya merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Ketika membahas unsur dalam desain grafis maka tidaklah berbeda dengan dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip dan Unsur dalam design grafis hampir sama dengan design lainnya :
  • Keseimbangan (balance),
  • Ritme (rhythm),
  • Tekanan (emphasis),
  • Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity),

  Pengertian Desain Komunikasi Visual

Menurut Tinarbuko (2009:23), desain komunikasi visual adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreasi, yang diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual dengan mengolah elemen desain grafis terdiri dari gambar (ilustrasi), huruf, warna, komposisi dan layout. Semuanya itu dilakukan guna menampilkan pesan secra visual, audio dan audio visual kepada target sasaran yang dituju. Desain komunikasi visual salah satu bagian dari seni terapan yang mempelajari tentang perencanaan dan perancagan berbagai bentuk informasi komunikasi visual. Perjalanan kreativitasnya diawali dari menemukan permasalahan komunikasi visual, mencari data verbal dan visual, menyusun konsep kreatif yang berlandaskan pada karakteristik target sasaran, sampai dengan penentuan visualisasi final desain untuk mendukung tercapainya sebuah komunikasi verbal-visual yang fungsional, persuasif, artistik, etistis dan komunikatif.
Menurut Yuliastanti (2008:11) desain grafis atau graphic design adalah istilah yang digunakan sebelum adanya istilah desain komunikasi visual. Hal ini dilakukan utuk mengantisipasi perkembangan dunia komunikasi visual serta perannya yang semakin luas, maka digunakan istilah desain komunikasi visual. Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasakomunikasi visual berupa pengolahan pesan-pesan untuk tujuan sosial ataupun komersial, dari individu atau kelompok lainnya.
Berdasarkan beberapa pengertian desain komunikasi visual di atas dapat dipahami bahwa desain komunikasi visual merupakan ilmu yang mempelajari konsep kamunikasi dan ungkapan kreatif. Mengkomunikasikan berbagai informasi melalui media komunikasi visual dengan tujuan mempengaruhi individu atau kelompok tertentu, mengharapkan individu atau kelompok memberikan respon positif kepada pesan visual yang bersifat sosial maupun komersial.

     Program Pengolah Grafis

Desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

     Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

·         Adobe FrameMaker
·         Adobe In Design
·         Adobe PageMaker
·         Corel Ventura
·         Microsoft Publisher
·         Quark Xpress

     Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
·         Adobe Illustrator
·         Beneba Canvas
·         CorelDraw
·         Macromedia Freehand
·         Metacreations Expression
·         Micrografx Designer

    Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:

·         Adobe Photoshop
·         Corel Photo Paint
·         Macromedia Xres
·         Metacreations Painter
·         Metacreations Live Picture
·         Micrografx Picture Publisher
·         Microsoft Photo Editor
·         QFX
·         Wright Image
·         Pixelmator
·         Manga studio
·         Gimp

     Aplikasi Pengolah Film/Video

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:

·         Adobe After Effect
·         Power Director
·         Show Biz DVD
·         Ulead Video Studio
·         Element Premier
·         Easy Media Creator
·         Pinnacle Studio Plus
·         WinDVD Creater
·         Nero Ultra Edition
·         Camtasia

      Aplikasi Pengolah Multimedia

Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:

·         Macromedia Authorware
·         Macromedia Director
·         Macromedia Flash
·         Multimedia Builder
·         Ezedia
·         Hyper Studio
·         Ovation Studio Pro

6.      Pengolah 3 dimensi

·         Xara 3D
·         3Ds Max
·         Houdini
·         Lightware
·         Blender
·         Pixar
·         Maya
·         Poser
·         AutoCad

METODE PENCIPTAAN

Software Pengolah Desain Grafis yang Digunakan

Pengertian Corel Draw

Corel Draw adalah software atau aplikasi berbasis dekstop komputer yang digunakan untuk membuat atau melakukan editor grafik vektor. Aplikasi yang dibuat oleh Corel (sebuah perusahaan software yang berbasis di Ottawa, Kanada) dirilis pertama kali dengan versi 1 pada Januari 1989. Dalam perkembangannya, aplikasi ini sudah muncul versi terbarunya yakni Corel Draw 8 atau Corel Draw X8 yang dirilis pada tanggal 15 Maret 2016.
Aplikasi Corel Draw ini fokus pada editor gambar, sehingga banyak dipakai oleh pengguna dalam bidang advertising, desain visual, serta percetakan dan bidang lain yang memerlukan format visualisasi.

Fungsi Corel Draw dan Kegunaannya

Secara umum fungsi corel draw adalah sebagai editor grafik vertor yang menghasilkan gambar visual. Namun, banyak sekali pengguna corel draw yang menggunakannya diberbagai bidang yang memiliki insting desain grafis atau karya visual. Berikut ini contoh kegunaan corel draw yang mungkin sesuai dengan bidang Anda.
1)      Menggunakan corel draw untuk membuat desain logo atau simbol untuk branding. Jawaban ini yang paling sering dijumpai ketika Anda mempertanyakan "Kenapa ada menggunakan corel draw?". Di corel draw, mengolah garis dan warna sangatlah mudah dan simpel, sehingga banyak pecinta desain grafis yang menggunakannya.
2)      Menggunakan corel draw untuk membuat undangan, brosur, pamflet, dan lain - lain. Sebagai pengusaha percetakan, Anda mungkin wajib mengetahui atau menguasai corel draw untuk mendesain media publikasi offline. Kenapa begitu? Karena didalam aplikasi corel draw ini dipenuhi oleh berbagai jenis font untuk menunjang kreatifitas dan imajinasi dalam mengolah brosur, pamflet, sampul buku dan lain-lain.
3)      Menggunakan corel draw untuk membuat cover buku. Kelebihan corel draw lainnya yakni dalam hal detil gambar dan kejelasan warna dalam mendesain. Cover buku memerlukan tingkat kejelasan dan spesifikasi mendetil terhadap desain yang diinginkan. Oleh karena itu, banyak pengguna yang memilih corel draw sebagai pilihan utama untuk membuat desian sampul buku.
4)      Menggunakan corel draw untuk membuat gambar ilustrasi. Banyak aplikasi serupa corel draw namun kemudahan dan keakuratan desain serta hasil lebih bagus corel draw. Misal dalam pembuatan gambar ilustrasi, perlu sebuah hasil yang akurat baik itu dari sisi garis, ketebalan garis, lengkungan garis, sudut serta kerapatan, sehingga aplikasi corel draw menjadi pilihan utama.
3.      Keunggulan Corel Draw
Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
1)      Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
2)      Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
3)      Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
4)      Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
4.      Fungsi-fungsi Toolbox pada Corel Draw
Toolbox pada CorelDRAW bisa diartikan sebagai kotak perkakas yang berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat dan memodifikasi objek. Beberapa tool secara default terlihat pada Toolbox, tapi beberapa tool tidak terlihat. Untuk memunculkan tool yang tersembunyi kita harus klik pada panah kecil yang ada dipojok kanan bawah tool yang terlihat, dengan klik panah kecil tersebut akan terbuka atau muncul flyout yang berisi tool-tool yang tersembunyi. Flyout yang terbuka akan menampilkan sekumpulan tool CorelDraw yang berkaitan dengan toolbox yang dibuka, panah kecil pada bagian pojok kanan bawah toolbox menandakan adanya flyout pada tombol tersebut.
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6, megapa penulis menampilkan fungsi-fungsi toolbox pada corel draw x6 karena dalam penciptaan desain komunikasi visual (poster) penulis menggunakan corel draw x6.

-Pick tool; untuk memilih atau menyeleksi dan mengatur ukuran, memiringkan, dan memutar objek.
-Freehand Pick tool; untuk menyeleksi objek dengan bebas

-Shape tool; untuk mengedit bentuk objek kurva.
-Smudge brush tool; untuk mengubah objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar.
-Roughen brush tool; untuk mengubah garis luar dari objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar.
-Free transform tool; untuk mengubah suatu objek dengan menggunakan Free rotation, angle rotation, Scale, dan Skew tool.

-Croop tool; untuk menghilangkan area yang tidak dikehendaki.
-Knife tool; untuk memotong objek.
-Eraser tool; untuk menghilangkan daerah yang tidak diinginkan pada gambar anda.
-Virtual segment delete tool; untuk menghapus bagian dari objek-objek diantara persimpangan.

-Zoom tool; untuk merubah perbesaran level dalam jendela kerja.
-Pan tool; untuk mengontrol bagian gambar mana yang akan di gambar ulang dalam jendela kerja

-Freehand tool; untuk menggambar garis tunggal dan kurva.
-Bèzier tool; untuk menggambar kurva satu bagian pada waktu yang sama.
-Artistic media tool; menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool.
-Pen tool; untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu.
-Polyline tool; untuk menggambar garis-garis dan kurva.
-3 Point curve tool; untuk menggambar suatu kurva dengan menentukan titik awal, akhir, dan titik tengah

-Smart fill tool; untuk mewarnai objek-objek yang terlampir, tool ini dapat mewarnai isi dan garis dari objek tersebut dan objek yang telah terisi dapat dipisahkan dengan gambar dasarnya.
-Smart drawing tool; mengubah coretan-coretan tangan menjadi garis yang halus dan sempurna.

-Rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar dan kotak.
-3 point rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar pada suatu sudut tertentu.

-Ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran.
-3 point ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran pada suatu sudut tertentu.

-Polygon tool; untuk menggambar poligon atau bintang secara simetris.
-Star tool; untuk menggambar bentuk bintang yang sempurna.
-Complex star tool; untuk mengggambar bentuk bintang yang komplek atau bintang yang mempunyai banyak sisi.
-Graph paper tool; digunakan untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis-garis serupa.
-Spiral tool; digunakan untuk menggambar spiral.

-Basic shape tool; untuk memilih bermacam-macam bentuk, termasuk bentuk smile, halilintar, bentuk hati, dan lain-lain.
-Arrow shape tool; untuk menggambar beraneka ragam jenis bentuk panah, dan arah panah.
-Flowchart shapes tool; untuk menggambar symbol flowchart.
-Banner shapes tool; untuk menggambar bentuk yang menyerupai pita atau efek ledakan.
-Callout shapes tool; untuk membuat label dan callout.

-Text tool; untuk menuliskan kata secara langsung pada layar sebagai paragrap atau artistik teks.

-Table tool; untuk membuat dan meng-edit tabel
-Dimension tool terdiri dari : Parallel Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi miring
-Horizontal or Vertikal Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal
-Angular Dimension; untuk membuat garis ukuran segitiga atau sudut
Segment Dimension; untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
-3-Point Callout; untuk membuat garis petunjuk, yang terdiri dari tiga titik yang membentuk garis untuk petunjuk atau keterangan.

-Interactve connector tool terdiri dari; Straight-Line Connector; untuk membuat konektor lurus
-Right-Angle Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam
-Right-Angle Round Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul
-Edit Anchor; untuk memodifikasi garis konektor


-Interactive blend tool; untuk mencampur dua objek
-Interactive contour tool; untuk membuat suatu bentuk garis luar pada suatu objek menggunakan bentuk dasarnya.
-Interactive distortion tool; untuk melakukan penyimpangan pada suatu objek, tool ini mempunyai 3 bentuk penyimpangan dasar yaitu: Push and Pull Distortion, Zipper Distortion, atau Twister Distortion.
-Interactive drop shadow tool; untuk memberikan bayangan pada suatu objek.
-Interactive envelope; untuk menyimpangkan suatu objek dengan cara men-drag node.
-Interactive extrude; untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek.
-Interactive transparency tool; untuk membuat objek menjadi transparan.

-Color Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar, yang disertai tampilan code HTML warna
-Attributes Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar.
-Paintbucket tool; untuk objek properti, seperti halnya fill, ketebalan garis, pada suatu objek dalam jendela gambar setelah anda memilih properti ini dengan menggunakan Color Eyedropper tool atau Attributes Eyedropper tool.

-Outline tool Ketika kita memilih tool ini flyout akan muncun dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti kotak dialog Outline Pen dan Outline Color.

-Fill tool; seperti halnya Outline tool ketika kita memilih Fill tool ini flyout akan muncul dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti ke kotak dialog Fill (Uniform Fill, Fontain Fill, dsb).
-Interactive fill tool; untuk memberi warna dengan beberapa variasi  gradasi fill
-Interactive mesh tool; untuk memberi warna gradasi fill menggunakan garis (grid) yang terdiri dari beberapa node.


PEMBAHASAN

.    Hasil Karya Penciptaan

1.    
Danau Linting

Judul   : “Danau Linting”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster
          Poster diatas merupakan poster wisata yang ada di Kota Medan, yaitu Danau Linting. Poster ini dibuat menggunakan aplikasi corel draw x6. Dalam poster tersebut dibuat letak tempat wista dimana, harga tiket masuk, serta sponsor-sponsor sebagai perumpaan jika nanti berhasil dalam pemasaran poster, sponsor tersebut akan disertakan dalam poster. Warna bakcground poster menggunakan warna dingin yaitu biru agar terlihat lebih menyatu dengan gambar-gambar air di danau linting. Di bawah bacaan danau dibuat vektor berbentuk gelombang air. Vektor tersebut hanya sebagai hiasan tambahan agar terlihat lebih segar dan menarik. Selain itu huruf d pda kata danau dan l pada kata linting ada huruf yang penulis buat sendiri menggunakan toolbox artistic media tool.







2.      Aek Sijorni

Judul   : “Aek Sijorni”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Poster ini merupakan karya kedua penulis yang berjudul Aek Sijorni. Poster ini di desain menggunakan aplikasi corel draw x6. Aek sijorni ini tereletak di daerah tapanuli selatan dan tentunya masih dalam wilayah Sumatera Utara. Dalam poster tersebut terdapat empat gambar satu gambar berbentuk persegi panjang 3 gambar berbentuk segi enam yang disusun semenarik mungkin. Gambar tersebut berfungsi untuk memperlihatkan bagaimana jernihnya air disana. Di Tapanuli Selatan aek itu berarti air dan sijorni itu jernih. Background yang digunakan pada poster adalah warna hitam gunanya untuk lebih memperjalas atau mempertajam gambar-gambar yang ada pada poster. Huruf A pada kata aek dan huruf s pada kata sijorni serta gelombang seperti air yang ada pada kata ek adalah huruf yang penulis buat sendiri menggunakan artistic media tool.


3.      Torsibohi Nauli Hotel


Judul   : “Torsibohi Nauli Hotel”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Torsibohi nauli hotel adalah salah satu hotel yang termasuk bagus dan banyak menarik perhatian wisatawan luar. Hotel ini bukan hanya hotel yang dibuat untuk menginap saja, hotel ini terbuka untuk  umum karena di dalam hotel ini terdapat spot-spot foto yang menarik, rumput-rumput yang bagus sehingga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Poster ini dilengkapi dengan empat gambar yang menarik, sponsor-sponsor untuk poster ini serta biaya menginap. Untuk yang datang hanya untuk berwisata hanya dikenakan biaya parkir saja. Pada poster tersebut huruf t yang digunakan pada kata torsibohi adalah huruf yang penulis buat sendiri menggunakan artistic media tool. Warna bacjground yang digunakan adalah warna hijau tosca agar dapat mengambil kesan hijau pada rumput dan biru pada langit.

4.      Air Terjun Sipiso Piso

Judul   : “Air Terjun Sipiso Piso”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Poster Air terjun sipiso piso ini adalah karya keempat penulis. Warna background yang digunakan pada poster ini adalah warna biru, warna ini disesuaikan dengan tempat wista yang dipilih yaitu air terjun. Terdapat tiga gambar pada poster yang disusun serapi mungkin. Huruf yang digunakan menggunakan huruf dari aplikasi corel tidak ada huruf yang penulis buat sendiri seperti poster-poster sebelumnya.

5.      Aek Sabaon

Judul   : “Aek Sabaon”
Ukuan : A3
Teknik : Digital/ Poster 

            Poster aek sabaon ini adalah karya ke lima penulis. Aek sabaon ini terletak di daerah Tapanuli Selatan. Dulunya banyak mengatakan tempat ini dengan rumah kaca, karena pada tempat wisata tersebut ada terdapat ruangan yang dipenuhi dengan kaca. Pada judul poster aek sabaon penulis tambahkan kupu-kupu agar terlihat lebih manis. Huruf yang penulis buat adalah huruf yang ada pada aplikasi corel, tetapi setelah kata aek penulis tambahkan gelombang seperti air untuk menandakan bahwa aek itu adalah air.

6.      Pulau Mursala

Judul   : “Pulau Mursala”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Selanjutnya adalah poster pulau mursala. Pulau mursala ini terdapat di daerah tapanuli utara dan tentunya masih termasuk dalam wilayah Sumatera Utara. Untuk dapat sampai ke pulau tersebut harus menyebrang terlebih dahulu dengan biaya yang cukup menuras kantong. Warna yang penulis gunakan adalah warna hitam agar gambarnya lebih menonjol. Huruf yang digunakan juga mengguakan huruf yang ada pada aplikasi corel, tidak ada huruf yang penulis buat sendiri seperti poster sebelum-sebelumnya. Pada poster ini penulis membuat ig dan wa penulis yang tujuannya jika berminat untuk membuat poster atau apa yang berkaitan dengan desain grafis komputer agar dapat menghubungi penulis. Hal tersebut dibuat sebenranya jika penulis sudah bekerjasama dengan dinas kepariwisataan atau juga sudah membuka orderan untuk membuat poster dan lain sebaginya.

7.      Bukit Holbung


Judul   : “Bukit Holbung”
Ukuran            : A3
Teknik :  Digital/ Poster

            Poster berikutnya berjudul bukit holbung yang terletak di Kabupaten Samosir. Poster ini merupakan karya penulis yang ke tujuh. Di bukit holbung ini kita dapat melihat keindahan Danau Toba dari atas. Warna yag penulis gunakan adalah warna lembut yaitu biru yang penulis sesuaikan dengan warna langit dan air danu yang biru, dibuat kesan transparansi sedikit agar terlihat lebih manis. Gambar yang penulis buat pada poster berjumlah lima. Huruf b pada kata bukit adalah huruf yang penulis buat sendiri menggunakan artistic media tool.

8.      Kebuh Teh Sidamanik


Judul   : “Kebu Teh Sidamanik”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Karya poster diatas berjudul kebun teh sidamanik, kebuh teh ini terdapat di Kecamatan Sidamanik. warna poster yang penulis buat adalah warna hijau agar sesuai dengan tempat wisatanya yaitu kebun teh ditambah kesan transparansi agar lebih manis dan menarik. Huruf yang penulis gunakan adalah dari aplikasi corel draw x6. Gambar yng penulis buat berjumlah 3 yang disetiap pinggiran gambarnya penulis buat warna hitam sehingga terkesan seperti bingkainya.

9.      Sapo Juma


Judul   : “Sapo Juma”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Poster

            Karya selanjutnya adalah poster yang berjudul sapo juma. Sapo Juma ini terdapat di Kabupaten Karo. Di sapo juma ini banyak terdapat jenis-jenis bunga dan itulah ciri khas dari tempat wisata ini. Warna background poster yang penulis buat adalah warna hijau dengan sedikit transparansi yang penulis sesuaikan dengan tanaman yang biasa diidentik dengan warna hijau. Gambar yang penulis buat berjumlah 4 dengan garis pinggir putus-putus warna hitam yang terkesan seperti bingkainya. Pada bagian bawah poster penulis buat vektor bunga-bunga untuk menambah kesan indah pada poster ini, pembuatan poster ini cukup lama karena penulis menambahkan vektor bunga-bunga tersebut. Pada poster ini penulis memiliki ide untuk menambahkan vektor pada poster, sebenarnya penulis ingin membuat vektor yang menarik-menarik juga pada poster yang lain tetapi berhubung waktunya sudah mepet, jadi penulis memutuskan untuk membuatnya pada poster yang lain saja, karena poster-poster ini adalah untum pemenuhan mata kuliah peminatan grafis komputer. Pada judul poster penulis tambahkan kupu-kupu agar lebih bagus karena sapo juma ini adalah surganya tanaman. Huruf yang penulis gunakan adalah huruf yang memang sudah ada pada aplikasi coreal draw bukan huruf yang penulis buat sendiri seperti pada poster-poster sebelumnya.


10.  Rumah Pohon Habitat



Judul   : “Rumah Pohon Habitat”
Ukuran            : A3
Teknik : Digital/ Printing

            Poster ini adalah poster yang terakhir yaitu poster ke sepuluh dari sepuluh karya. Poster ini berjudul Rumah Pohon Habitat wrana yang penulis apliaksikan pada poster ini adalah warna biru muda yang keputih-putihan yang terkesan seperti langin yang sedang berawan. Gambar yang penulis buat pada poster ini berjumlah 4, yang terkesan seperti dari cuaca pagi siang sore. Huruf yang penulis gunakan adalah huruf yang terdapat pada aplikasi corel draw x6.

Pandangan Tentang Karya

           1.      Pandangan Tentang Saudara
·         Ibu
“Bagus nak, terus belajar dan berusaha jangan lupa sholat, berdoa dan tawakal”.
·         Ayah
“Bagus nang, walaupun bapak gk begitu mengerti tapi bapak lihat sudah bagus2 karyanya, terus belajar, berusaha, sholat, doa tawakal”.
·         Wilda Rizkiyah Nur Nasution
“Bagus dek, cantik, warnanya suka kakak, itu hurufnya ada yang kau buat sendiri yah, terus belajar ya dek, jangan lupa sholat dan berdoa”.
·         Mukhlan Syarif Nasution
“Punya kiyah itu? Bagus dek tingkatkan terus yah harus jadi kebanggaan keluarga”.
·         Shela Ginting
“Bagus kakak liat dek, menarik bisalah kau jualkan itu ke tempat wisatanya lumayan itu”.
·         Nurul Khairiah Nasution
“Ini hasil dari peminatanmu yang grafis komputer itu dekku, uda bisala kakak liat kita jualkan ke tempat wisatanya, lanjutkan terus dek”.
·         Jenniwati Simamora
“Bagus boumen, tingkat terus yah bou biar buka percetakan kita nanti”.

       2.      Pandangan Tentang Teman
·         Minasiyah Harahap
“Menarik, warnanya cocok dengan tema yang dibuat, penempatan gambar-gambarnya rapi dan sesuai”.
·         Dwi Ulfa Rahmadani
“Bagus zek siap juganya tugasnya”.
·         Syaripah Hanum
“Udah siap tugasmu zek, cantik tap posternya nanti bisalah buat poster untuk jualanku kan”.
·         Yani Sembiring
“Bagus zek, udah mantap itu”.
·         Sumantri Hadi Sudewo
“Siap karya kau zek, mantap tapi kuliat bacot kau ajanya gk siap”.
·         Nopria Martin
“Tugas kau itu zek siapnya tapi bagus kuliat, udah keren itu juara 1 kau”
·         Rizky Gunawan Harahap
“Uda siap tugasmu kamben, bagus-bagusnya ku liat karyanya, keren-keren bisala nnti buat poster acara-acara organisasi kita”.
·         Lucky Arichman
“Mantap kamben, lanjutkan teruuus”.
·         Pani Rezky
“Bagus kamben uda mantap itu, palanjutma torus”.
·         Dony Arby Maulana
“Sikat terus, mantap-mantap kamben posternya”.

      3.      Pandangan Masayarakat Sekitar Tempat Tinggal
·         Rini
“cantik kiyah buatkan aku poster untuk jualanku la”.
·         Kiki
“Bagus kiyah, pantesan kau di depan laptop aja rupanya ngerjain ini”.
·         Putri
“Bagus kak e, cantik pantesan payah di cakapin klo udah di depan laptop yah”.
·         Mey
“Mantap kak, kakak yang buat sendiri? Bisalaah”.
·         Kak Lia
“Cantik, bisa kiyah buat yang kek gituan yah”.
·         Bang Sandi
“Inii ruapanya kerjaan anak kost yah di rumah, bagus dek, lanjutkan terus”.
·         Opung Kost
“Bagus, kamar nomor berapa kamu?”.

                                                                                                    

PENUTUPAN

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin, dalam desain grafis, teks juga di anggap gambar.
Desain komunikasi visual merupakan ilmu yang mempelajari konsep kamunikasi dan ungkapan kreatif. Mengkomunikasikan berbagai informasi melalui media komunikasi visual dengan tujuan mempengaruhi individu atau kelompok tertentu, mengharapkan individu atau kelompok memberikan respon positif kepada pesan visual yang bersifat sosial maupun komersial.
Melihat perkembangan dunia pariwisata yang begitu pesat maka dunia pariwisata merupakan suatupeluang yang menjanjikan dimasa mendatang. Selain itu pariwisata juga merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting di era kehidupan modern. Untuk menunjang itu semua maka sangat diperlukan sebuah sarana dan prasarana baik itu infrastruktur maupun informasi dan promosi yang terfokus dan terarah yang nantinya dapat memberikan pengenalan kepada wisatawan sehingga dapat meningkatkan volume wisatawan di Sumatera Utara.
Selain dalam pemenuhan tugas kuliah peminatan grafis komputer, dalam pembuatan poster ini penulis juga memiliki tujuan untuk bekerjasama dengn Dinas Kepariwisataan atau kepada pemilik pribadi tempat wisata untuk memasarkan poster yang penulisa buat yang tujuannya untuk mempromosikan tempat wisata tersebut.
Ada banyak hal yang perlu di perhatikan dalam proses pembuatan poster yaitu dari segi layout, warna yang sesuai, serta yang paling utama adalah Tipografinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.