Pages

Selasa, 10 Desember 2019

KALENDER BARU TAHUN 2020 DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP DESAIN BANGUNAN ADAT BUDAYA DI SUMATERA UTARA

Disusun Oleh: Vriti Alya Vithaloka 2161151027 B (2016) 

OBSESI PENCIPTAAN

 

Masyarakat dunia sekarang memasuki abad XXI yang juga merupakan milenium III perhitungan Masehi. Perubahan abad dan perubahan milenium ini diramalkan akan membawa perubahan pula terhadap beberapa struktur termasuk struktur kebudayaan dunia. Fenomena paling menonjol yang tengah terjadi pada kurun waktu ini adalah terjadinya proses globalisasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2014, media luring), budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa, pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia. Produk dari budaya itu sendiri di antaranya adalah seni atau kesenian, baik tradisional hingga kontemporer.

Budaya merupakan hasil dari pemikiran manusia dan tentunya dapat diubah atau dikembangkan atau bahkan dihapuskan oleh manusia pula. Tidak ada yang salah tentang budaya, tapi kita berbicara mengenai identitas bangsa, anak kandung Ibu Pertiwi, harta karun besar dari para leluhur kita, yaitu budaya kita, yang merupakan warisan yang harus dijaga keberadaannya.

Berbicara mengenai seni yang merupakan hasil atau produk dari budaya, terdapat beberapa jenis yang di antaranya adalah seni rupa. Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan sentuhan. Seni rupa lebih dikenal dengan seni keindahan yang kemudian setiap orang akan mengembangkan opininya masing- masing mengenai pengertiannya, sehingga timbulah banyak versi atas pengertian atau definisi dari seni rupa itu sendiri.

Dengan seiring perkembangannya tersebut, banyak bermunculan karya seni yang spektakuler, apalagi di era sekarang yang tidak mungkin tidak ada yang bisa dikerjakan didalam pembuatan karya. Dengan adanya teknologi yang sangat membantu para seniman untuk berkarya apalagi, dengan begitu sang seniman mampu mengekspresikan jadi didalam dirinya kedalam media digital yang tidak lagi menggunakan media manual seperti menggunakan cat pada umumnya atau tanah sebagai pembuatan patung.

Seperti air yang mengalir kesenian pun menjadi daya tarik yang sangat bagus untuk dikembangkan. Untuk itu kita perlu memperluas pembelajaran dan memperdalam ilmu pengetahuan yang akan kita teruskan kepada penerus kita nantinya. Keseimbangan karya yang diciptakan mulai dari titik menuju garis menuju bentuk dan seterusnya bisa diapresiasikan pada media digital sekarang ini. Kenyamanan dan kebersihan saat berkarya sangat diperuntungkan karya media yang digunakan sama sekali tidak menggunakan media lainnya hanya media digital seperti yang kita ketahui saat ini terdapat alat elektronik yang bernama Komputer yang menjadi acuan awal yang sangat baik, apalagi ditambah dengan adanya bantuan untuk berkarya yang namanya aplikasi. Yang dimana aplikasi ini berguna untuk mempermudah para seniman untuk berkarya dan menuangkan hasil ekspresinya kepada media digital tersebut.

Dari banyaknya bentuk dan rupa seniman menggunakan semuanya, yang mulanya hanya garis saja yang dikebangkan tanpa menggunakan warna hanyak bayangan pun bisa menjadi karya seni yang menarik tentunya. Dengan kemampuan semuanya dapat dikembangkan lagi dengan baik dan lebih baik lagi. Adanya pencapaian dan keinginan untuk berkarya seniman menyesuaikan kesukaannya pada hasil karyanya yang mungkin hanya menggunakan garis tanpa bentuk dan bentuk tanpa garis begitu juga selanjutnya.

Disini saya hanya menggunakan garis sebagai satuan karya yang akan saya buat untuk menjadikannya sebuah karya yang berkonsep budaya yang berada di Sumatera Utara ini. Dimana garis tersebut akan menjadi sebuah bangunan rumah adat yang berada di SUMUT ini. Yang menjadikannya saya ingin membuatnya ialah karena menurut saya belum pernah ada yang buat karya seperti ini untuk kebudayaan yang berada di Sumut ini tentunya. Dengan begini saya berharap dapat memberikan kontribusi saya kepada semuanya dan sebagai ajakan untuk kepada kita sebagai penerus bangsa untuk tetap terus menjaga serta melestarikan kebudayaan yang sudah kita terima saat ini, karya ini akan menjadi sebuah kalender yang akan sangat berguna untuk kita semua yang berada di negara kita ini. 

KAJIAN TEORI


Secara akar katanya, grafis adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris yaitu graphic. Arti graphic  ini sendiri adalah membuat sebuah tulisan, gambar ataupun lukisan dengan goresan atau torehan. Sedangkan seni adalah hasil karya yang memiliki nilai estetika keindahan. Jadi, secara bahasa seni grafis adalah hasil karya manusia berupa lukisan gambar.
Sedangkan secara umum, seni grafis ini merupakan seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan teknik cetak di atas sebuah media. Dari pengertian ini bisa mengetahui jika sebuah seni grafis hanya sebuah gambar dua dimensi yang untuk dinikmati estetikanya. Seni yang satu ini bertujuan memperindah sebuah media.
Media yang digunakan dalam seni ini juga beragam mulai dari kertas, papan kayu, aluminium dan apapun yang bisa dilukis di atasnya. Seni grafis juga bisa dihasilkan dengan beragam teknik cetak. Teknik cetak ini menggunakan media dan perlengkapan yang beragam.
Ada 5 jenis teknik cetak seni grafis yang perlu anda ketahui. Kelima teknik itu adalah cetak saring, cetak datar, cetak tinggi, cetak dalam dan cetak foto. Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis teknik cetak tersebut secara jelas :

1. Teknik Cetak Saring (Silkscreen)

Teknik cetak yang satu ini lebih akrab di telinga dengan nama teknik cetak sablon. Pada teknik ini, anda membutuhkan cetakan yang terbuat dari kasa (screen). Kasa ini bersifat elastis, lentur dan juga halus. Jenis cetakan seni grafis ini cukup sering anda temui.
Beberapa seniman terkenal juga sering menggunakan teknik yang satu ini. Beberapa seniman tersebut antara lain, Robert Indiana, Edward Rusca, Chuck Close dan Joseft Albert. Teknik ini terbilang cukup banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan caranya yang cukup mudah.

2. Teknik Cetak Datar (Lithography)

Lithography adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani, Lithos artinya batu dan graphien artinya menulis. Jadi lithography adalah seni cetak yang menggunakan media batu.  Dalam hal ini yang digunakan adalah jenis batu khusus yaitu batu kapur.
Batu kapur yang digunakan dalam teknik cetak ini adalah batu kapur yang berbentuk lempengan. Sehingga batu tersebut tampak seperti kertas tebal  berwarna cokelat. Seniman menggunakan batu kapur karena jenis batu ini bisa menghisap tinta.

3. Teknik Cetak Tinggi (Woodcut)

Teknik yang satu ini lebih dikenal dengan nama teknik cetak timbul. Dikatakan teknik cetak timbul karena memang hasil karya seni grafis ini terlihat timbul dari medianya. Selain teknik timbul, teknik cetak yang satu ini juga dikenal dengan teknik cungkil. Teknik ini dikatakan teknik cungkil karena memang pembuatannya dengan cara dicungkil.
Media yang digunakan dalam teknik ini juga ada banyak. Media-media tersebut antara lain, metal, triplek, hardboard, papan kayu dan karet. Teknik cetak tinggi yang paling populer adalah teknik cetak yang pernah dibuat oleh orang mesir pada abad ke 14.
Penemu teknik cetak ini adalah Johanes Gutenberg. Ada banyak seniman kelas dunia yang terkenal dengan teknik ini. Seniman-seniman tersebut yaitu Kaboel Suadi, Ando Hirosigge dan H.Holbein.

4. Teknik Cetak Dalam (Intaglio)

Teknik cetak dalam atau yang lebih dikenal dengan intaglio adalah teknik menggores media dengan menggunakan benda tumpul. Pada umumnya media yang digunakan pada teknik ini adalah logam. Sehingga tentunya hasil goresan ini sendiri akan bersifat permanen atau sulit untuk dihilangkan.
Ada 4 jenis teknik cetak dalam yang perlu anda ketahui. Keempat teknik cetak dalam tersebut adalah engraving, etsa, mezzotint dan dry point. Untuk lebih lengkapnya berikut ini penjelasan dari keempat teknik tersebut:
·         Engraving. Pada teknik ini, seniman harus menggunakan alat yang disebut dengan burin. Alat ini berguna untuk mengukir logam. Permukaan logam akan diberi cat, setelah itu, seniman harus mengukir logam tersebut menggunakan burin. Setelah itu permukaan logam akan dibersihkan dari cat dan yang tersisa hanya tinggal cat pada bagian logam yang diukir.
·         Etsa. Teknik ini menggunakan bantuan asam nitrat (HNO3). Cairan asam ini akan ditorehkan ke atas lempengan tembaga. Penggunaan teknik ini seperti mengukir menggunakan zat cair. Hanya saja dalam hal ini yang diukir adalah lempengan tembaga. Pada zaman dahulu teknik ini digunakan untuk mengukir baju perang.
·         Mezzotint. Mezzotint adalah teknik mengerok halus permukaan logam. Teknik ini menggunakan efek gelap terang yang dominan.
·         Drypoint. Teknik drypoint merupakan teknik yang menggunakan benda runcing untuk mengukir media. Benda runcing akan menekan permukaan media sehingga membentuk lukisan.

5.  Teknik Cetak Foto

Teknik seni grafis yang satu ini adalah teknik cetak yang paling sering kita temui. Dalam teknik ini anda bisa menggunakan kamera. Setelah itu gambar pada kamera bisa dicetak menggunakan alat print. Teknik ini juga sering disebut teknik fotografi.
Setelah anda mengetahui tentang jenis-jenis teknik seni grafis, sekarang saatnya anda mengetahui fungsi dari ragam seni grafis. Berikut ini ada akan diberikan tiga fungsi seni grafis:

1. Menambah Nilai Keindahan

Seni grafis akan menambah nilai keindahan sebuah media. Bila seni grafis diterapkan pada sebuah baju kaos, maka seni tersebut dapat menambah keindahan baju kaos itu. Sifatnya yang dua dimensi membuat seni ini bisa memperindah banyak media.

2. Menyampaikan Pesan

Jenis seni yang satu ini juga bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan bagi yang melihat. Pesan tersebut disematkan oleh para seniman dalam sebuah torehan seni. Terkadang pesan tersebut bersifat tersirat.

3. Ungkapan Ekspresi Seni

Seniman terkadang membutuhkan suatu cara untuk mengungkapkan ekspresi seni, seni grafis ini mampu menyalurkan ekspresi seni tersebut dengan baik. Apalagi seni ini termasuk kedalam seni yang fleksibel.
Itulah informasi seputar pengertian seni grafis, jenisnya dan juga fungsinya. Saat ini seni grafis adalah sesuatu yang sangat diapresiasi. Bahkan ada banyak orang yang khusus mempelajari seni yang satu ini.

            Line art atau yang berarti seni garis adalah sebuah karya seni yang setiap gambarnya terdiri dari garis lurus atau melengkung hingga membentuk suatu objek. Juga bisa diartikan, line art yaitu seni grafis yang menggunakan garis sebagai dasar untuk membuat ilustrasi.
            Line art biasa digunakan untuk menggambar objek dua atau tiga dimensi, yang kemudian bagian dalam juga latarnya diberikan warna untuk beragam keperluan. Line art juga bisa diberi tambahan shading dan tekstur, demi terciptanya suatu seni yang bernilai. Sebelum adanya fotografi, line art merupakan standar ilustrasi untuk media cetak ketika menyampaikan sebuah informasi.
            Dalam sebuah karya, line art biasanya digunakan sebagai outline atau garis luar untuk pembatas dari warna dasar. Warna yang dipakai untuk line art, kebanyakan adalah warna gelap atau hitam. Karya digital seperti vector vexel, kartun, grime art, dan lainnya kerap menggunakan line art untuk outline-nya.
            Line art memang biasa digunakan sebagai outline. Seperti dalam vector vexel, saya kerap membuat line art terlebih dahulu, karena dirasa lebih nyaman jika memakai line art. Tetapi ingin memakai atau tidak itu tergantung selera masing-masing. Dalam vector vexel sendiri tidak harus memakai line art, bisa langsung memberi warna dasar dan shading. Kecuali kalau untuk kartun, itu mungkin memang harus agar gambar yang dihasilkan lebih bagus.
 


METODE PENCIPTAAN


     Dengan adanya media yang mudah digunakan, metode yang saya pakai ialah dengan menggunakan garis sebagai objek utama didalam pembuatan karya saya. Untuk itu dengan dikaitkan dengan budaya yang berada di Sumatera Utara ini saya tentunya membutuhkan bahan atau gambar atau sebagainya untuk membantu saya untuk membuat karya saya karena tanpa adanya sumber yang pasti karya saya tidak akan menjadi karya yang benar tentunya.
     Untuk itu saya sudah mencari sumber dan juga menanyakan kepada ahli budaya yang berada dimedia online sekarang serta sejarah-sejarah yang secara singkat sayabaca agar memastikan sampel tersebut benar adanya dan benar kalau itu budaya yang akan saya pilih nantinya.
     Penciptaan karya berlanjut kepada pengerjaan yang saya kerjakan, sampel tersebut akan berbentuk foto 6 bangunan suku adat yang berada di Sumatera Utara. Kenapa saya hanya mengambil 6, dikarenakan saya sudah membuat konsep dengan menerapkan karya saya pada kalender. Jika dihitung jumlah bulan yang kita ketahui miliki 12 bulan, mulai dari bulan Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember yang berjumlah 12 bulan.
   Di Sumatera Utara kita ketahui aslinya hanya terdapat 7 suku asli yaitu Nias, Batak Toba, Karo, Pakpak, Mandailing, Simalungun, dan Melayu. Jika dihitung sekilas tentunya tidak sama dengan jumlah bulan seperti yang kita ketahui. Untuk itu saya hanya membuat 6 desain yang akan saya terapkan pada kalender tersebut. Jadi setiap satu lembar kalender yang ukurannya A3 memiliki 1 desain bangunan adat salah satu dari Provinsi Sumatera Utara dengan menerapkan 2 bulan dilembarannya misalnya lembar pertama bulan Januari dan Februari memiliki desain bangunan adat Batak Toba dilembarannya dan seterusnya untuk bulan selanjutnya.
Untuk itu saya berharap desain ini akan berguna karena juga diperuntukan untuk tahun depan karena juga penugasan ini berdekatan dengan akhir tahun atau akan mengalami pergantian tahun untuk selanjutnya. Disini saya akan membuat desain kalender untuk tahun 2020 Masehi, yang sifatnya universal untuk warga negara Indonesia.








HASIL PENCIPTAAN KARYA


   Hasil Karya



1.      Kalender 2020 untuk bulan Januari dan Februari

 Judul : Kalender 2020 Bulan 1&2 
Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)

Karya saya yang pertama kalender 2020 bulan 1&2 Desain LineArt Rumah Batak Toba dengan ukuran A3. Rumah adat Bolon yang ada di provinsi Sumatera Utara ini biasanya disebut Rumah Balai Batak Toba, dan telah diakui oleh Nasional sebagai perwakilan rumah adat Sumatera Utara. Dilihat dari bentuknya, rumah adat ini berbentuk persegi panjang, termasuk kategori rumah panggung. Dan hampir keseluruhannya bangunannya terbuat dari bahan alam.

Rumah panggung ini umumnya dihuni oleh 4-6 keluarga yang hidup bersama-sama. Tujuan rumah panggung adat bolon di buat supaya memiliki kolong rumah. Kolong rumah tersebut digunakan sebagai kandang hewan pemeliharaan masyarakat Batak, seperti babi, ayam, dan kambing.

 

  2.      Kalender 2020 untuk bulan Maret dan April




         
          Judul : Kalender 2020 Bulan 3&4
Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)

Karya saya yang kedua kalender 2020 bulan 3&4 Desain LineArt Rumah Adat Simalungun dengan ukuran A3.

Simalungan adalah etnis yang berada di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar, rumah adat ini dinamai Rumah Bolon. Rumah adat ini mempunyai perbedaan dengan lainnya, bentuk atapnya yang unik didesign berbentuk limas.

Dengan memberikan warna yang menarik pada kalender ini saya berharap mampu memanjakan mata untuk nyaman melihat kalender dan tidak bosan pada desain yang saya berikan ini tentunya.
 

3.      Kalender 2020 untuk bulan Mei dan Juni


        Judul : Kalender 2020 Bulan 5&6
Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)

Karya saya yang ketiga kalender 2020 bulan 5&6 Desain LineArt Rumah Adat Mandailing dengan ukuran A3.

Suku Mandailing berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), berbatasan dengan Provinsi Riau. Daerah Mandailing dikenal mempunyai destinasi wisata alam yang memukau. Budaya kearifan lokal yang begitu erat dipegang oleh penduduk setempat.

Bagi Anda yang ingin melihat Rumah Adat Mandailing, Anda dapat melihatnya di kabupaten Mandailing Natal (Madina). Kabupaten ini bagian dari wilayah Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Rumah adat ini biasanya disebut juga Bagas Godang. Yang mempunyai arti Bagas dalam bahasa Mandailing berarti rumah sedangkan godang berarti banyak.






4.      Kalender 2020 untuk bulan Juli dan Agustus


         
          Judul : Kalender 2020 Bulan 7&8
Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)

Karya saya yang keempat kalender 2020 bulan 7&8 Desain LineArt Rumah Adat Nias dengan ukuran A3.

Rumah adat Nias dinamai Omo Hada, bentuk rumah adat ini adalah panggung tradisional orang Nias. Selain itu, juga terdapat rumah adat Nias dengan desain yang berbeda, yaitu Omo Sebua.

Omo Sebua ini merupakan rumah tempat kediaman para kepala negeri (Tuhenori), kepala desa (Salawa), atau kaum bangsawan.

Rumah adat ini dibangun diatas tiang-tiang kayu nibung yang tinggi dan besar, serta beralaskan Rumbia. Bentuk denahnya ada yang bulat telu, ini di daerah Nias Utara, Timur, dan Barat. Sedangkan ada pula yang persegi panjang yaitu didaerah Nias Tengah dan Selatan.

Bangunan rumah adat ini tidak berpondasi yang tertanam ke dalam tanah. Dan sambungan antara kerangkanya tidak memakai paku, sehingga tahan goyangan gempa.



5.      Kalender 2020 untuk bulan September dan Oktober


                                                  Judul : Kalender 2020 Bulan 9&10
Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)

Karya saya yang kelima kalender 2020 bulan 9&8 Desain LineArt Rumah Adat Pakpak dengan ukuran A3

Rumah adat Pakpak/Dairi memiliki bentuk yang khas. Rumah tradisional ini dibuat dari bahan kayu serta atapnya dari bahan ijuk. Bentuk desainnya, selain sebagai wujud seni budaya Pakpak, juga bagian-bagian rumah adat Pakpak mempunyai arti sendiri. Selanjutnya, Rumah adat Pakpak disebut Jerro.

Rumah adat ini sama halnya dengan rumah adat lainnya di Sumatera Utara (Sumut). Yang pada umumnya menggunakan tangga dan tiang penyangga.



6.      Kalender 2020 untuk bulan November dan Desember

 

                                                       Judul : Kalender 2020 Bulan 11&12

Ukuran : A3
Teknik : LineArt (AI CC 2014)


Karya saya yang kelima kalender 2020 bulan 11 & 12 Desain LineArt Rumah Adat Karo dengan ukuran A3.

Rumah adat Karo ini biasanya disebut sebagai rumah adat Siwaluh Jabu. Siwaluh Jabu sendiri memiliki makna sebuah rumah yang dihuni oleh delapan keluarga. Masing-masing keluarga mempunyai peran tersendiri didalam rumah tersebut.

Penempatan keluarga-keluarga dalam rumah Karo ditentukan oleh adat Karo. Secara umum, rumah adat ini terdiri atas Jabu Jahe (hilir) dan Jabu Julu (hulu). Jabu Jahe juga dibagi menjadi dua bagian, yakni Jabu ujung kayu dan Jabu rumah sendipar ujung kayu.

Biasanya rumah adat ini terdiri dari delapan ruangan dan dihuni delapan keluarga. Sementara dalam rumah adat karo hanya terdapat empat dapur. Masing-masing jabu dibagi menjadi dua, sehingga terbentuk beberapa jabu-jabu. Anatara lain, sedapuren bena kayu, sedapuren ujung kayu, sedapuren lepar bena kayu, dan jabu sadapuren lepar ujung kayu.
 




    Pandangan Karya

1.       Pandangan Teman

-          Aidil Prasetyo
Mau dunk dicetak aku mau beli desain yang bagus vriti
-          Dwi Safitri
Bagus Desainnya vriti
-          Ilyas Ali Rangkuti
Keren vriti desainnya kembangkan terus
-          Ammarudin
Wwaah unik ya vriti desainnya bagus kok
-          Tutur achmad syidik
Bagus vriti desainnya
-          Sumantri HS
Bagus, bagus vriti cetak terus
-          Maharani
Mantep ya vriti desainnya
-          Rilis Diorita
Cantik vriti desaiinnya bagus
-          Zakiyah  Rahman  NST
Bagus vriti desainnya

2.       Pandangan Keluarga

-          Papa
Cantik nak buat untuk dirumah kita
-          Putri
Kak cantik x desain kakak
-          Mama
Cantik vriti, coba dicetak untuk dirumah kita
-          Bunda
Wwah ini baru yang namanya cinta budaya, bagus vriti coba dicetak ya

3.       Pandangan Masyarakat

-          Marni
Saya suka desainnya karena warnanya pas
-          Bang Ilham
Saya suka mungkin karena ada konsep budayanya
-          Ibu Ayu Dewi
Cantik nak desainnya, coba nanti buat untuk daerah lainnya ya
-          Abang becak
Keren mahasiswa sekarang sudah  buat desain yang cinta budaya ya

 


  

PENUTUP


A.    Kesimpulan


Line art atau yang berarti seni garis adalah sebuah karya seni yang setiap gambarnya terdiri dari garis lurus atau melengkung hingga membentuk suatu objek. Juga bisa diartikan, line art yaitu seni grafis yang menggunakan garis sebagai dasar untuk membuat ilustrasi.

Line art biasa digunakan untuk menggambar objek dua atau tiga dimensi, yang kemudian bagian dalam juga latarnya diberikan warna untuk beragam keperluan. Line art juga bisa diberi tambahan shading dan tekstur, demi terciptanya suatu seni yang bernilai. Sebelum adanya fotografi, line art merupakan standar ilustrasi untuk media cetak ketika menyampaikan sebuah informasi.

Secara akar katanya, grafis adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris yaitu graphic. Arti graphic  ini sendiri adalah membuat sebuah tulisan, gambar ataupun lukisan dengan goresan atau torehan. Sedangkan seni adalah hasil karya yang memiliki nilai estetika keindahan. Jadi, secara bahasa seni grafis adalah hasil karya manusia berupa lukisan gambar.


B.     Saran

Untuk itu saya berharap desain ini akan berguna karena juga diperuntukan untuk tahun depan karena juga penugasan ini berdekatan dengan akhir tahun atau akan mengalami pergantian tahun untuk selanjutnya. Disini saya akan membuat desain kalender untuk tahun 2020 Masehi, yang sifatnya universal untuk warga negara Indonesia.





DAFTAR PUSTAKA


 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.