Pages

Selasa, 10 Desember 2019

DESAIN GRAFIS DALAM BANNER, KATALOG, POSTER DAN ILUSTRASI GAMBAR DESAIN PRODUK



DESAIN GRAFIS  DALAM BANNER, KATALOG, POSTER DAN ILUSTRASI GAMBAR DESAIN PRODUK

Oleh:


DWI SYAFITRI

LATAR BELAKANG

Sebelum saya menulis apa-apa saja obsesi saya dalam berkarya, ada baiknya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Dwi Syafitri, teman-teman saya Mempunyai banyak panggilan nama untuk saya.. ada yang memanggil dengan sebutan dwi, fitri, fit, dan ada juga yang memanggil saya dengan nama lengkap saya “Dwi Syafitri”. Umur saya sekarang sudah 21 tahun, dan sedang menjalani perkuliahan di Universitas Negeri Medan, saya mengambil jurusan Pendidikan Seni rupa dengan study khusus yang saya ambil adalah grafis computer.
Mengapa saya lebih tertarik untuk mengambil sk grafis komputer ini? Karena saya lebih suka sedikit pada proses pembuatan yang berbaur dengan digital, metode merancang, ataupun keterampilan visual seperti tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Itulah dasar alasan mengapa saya lebih memilih desain grafis di antara 4 SK (Study Khusus) yang ada (Desain Grafis, Fotografi, Patung, Kriya).
Konsep dalam berkarya, walaupun masih dalam tahap belajar, saya ingin mempelajari desain grafis dan seni grafis. Dengan mengkombinasikan desain dan seni, saya rasa akan baik. Namun saran dari bapak dosen pengampu mata kuliah ini menyarankan untuk fokus pada satu grafis, dan saya lebih memilih seni grafis untuk desain yang menjadi tema karya saya.
Berbicara tentang seni grafis, saya mengutip defenisi dari pendapat beberapa ahli, diantaranya yaitu,
Menurut Danton Sihombing,”desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, symbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat typografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalan dua fungsi, sebagai perangkat fisual dan perangkat komunikasi”.
Menurut Jessica helfand, “desain grafis adalah kombnasi kompleks kata-kata dan gamabar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa  menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
Menurut Blanchard. “desain grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industry, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan”.
Menurut dari pendapat ahli diatas, maka kesimpulan saya tentang desain grafis adalah “sebuah proses seni yang dikerjakan menggunakan perangkat computer dan hasilnya berupa ilustrasi, gambar, fotografi, grafik, pengolahan gambar, dan tata letak”.
            Ide dasar saya dalam membuat karya, adalah dengan membawa budaya lokal yang ada di sumatera utara. Alasan saya ingin membawa budaya lokal adalah selain dalam membuat karya seni grafis, namun saya juga ingin masyarakat juga ikut mengenal dan melestarikan budaya-budaya lokal yang ada di sumatera utara. Berbicara soal karya, dengan mengangkat budaya lokal saya berkarya dengan membuat baner beserta dengan katalog yang menjelaskan isi dari banner tersebut, dan juga mendesain beberapa gambaran desain produk untuk cendramata, aplikasi yang saya gunakan adalah Coreldraw X7.  dan keluaran hasil karya tersebut berupa banner, katalog, poster dan juga ilustrasi gambar desain produk.
            Saya mengambil objek berupa gambar-gambar budaya ataupun suku yang ada di sumatera utara. Semisal dari budaya batak, saya mengambil rumah adat, baju tradisional, dan makanan khas batak. Dan banyak budaya lainnya juga. Mengapa saya terobsesi mengambil objek yang menampilkan budaya lokal, karena saya ingin berkarya dengan tidak hanya berkarya dengan begitu saja, melainkan ingin mengangkat budaya yang ada. Agar masyarakat yang melihat juga ikut mengenal budaya-budaya lokal yang ada di sumatera. 

KAJIAN TEORI

SENI GRAFIS DAN DESAIN GRAFIS


Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak.
Secara akar katanya, grafis adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris yaitu graphic. Arti graphic  ini sendiri adalah membuat sebuah tulisan, gambar ataupun lukisan dengan goresan atau torehan. Sedangkan seni adalah hasil karya yang memiliki nilai estetika keindahan. Jadi, secara bahasa seni grafis adalah hasil karya manusia berupa lukisan gambar. secara umum, seni grafis ini merupakan seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan teknik cetak di atas sebuah media. Dari pengertian ini bisa mengetahui jika sebuah seni grafis hanya sebuah gambar dua dimensi yang untuk dinikmati estetikanya. Seni yang satu ini bertujuan memperindah sebuah media.
Sedangkan desain grafis menurut yang say abaca melalui Wikipedia, Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

SENI GRAFIS SEBAGAI SARANA EKSPRESI

Sesuai dari yang telah dipaparkan diatas, bahwa Arti graphic adalah membuat sebuah tulisan, gambar ataupun lukisan dengan goresan atau torehan. Sedangkan seni adalah hasil karya yang memiliki nilai estetika keindahan. Maka tentu saja seni grafis menjadi sarana yang tepat untuk berekspresi dan mengembangkan imajinasi. Bukan hanya seorang seniman, setiap orang yang menggunakan goresan untuk mengeluarka isi dan unek-unek, tanpa sadar mereka telah menggunakan seni grafis sebagai sarana untuk berekspresi.

KARYA-KARYA SENI GRAFIS 

1. Cetak Saring (Silkscreen) atau Cetak Sablon
Cetak saring merupakan salah satu teknik cetak yang banyak dikenal orang dengan nama sablon. Teknik yang digunakan mencetak adalah menggunakan cetakan yang terbuat dari kasa (screen) yang bersifat elastis, lentur, dan halus. Cetak saring umumnya digunakan dalam pembuatan poster, spanduk, kaos, dan lain-lain.

2. Cetak Datar (Lithography)
Lithography berasal dari bahasa Yunani, yaitu Lithos (batu) dan graphein (menulis). Lithography merupakan seni grafis dengan teknik cetak datar yang menggunakan acuan cetak dari lempeng batu kapur. Media batu kapur digunakan karena dapat menghisap lemak dan tinta cair.

3. Cetak Tinggi (Woodcut)
Cetak tinggi atau cetak timbul adalah cara membuat acuan cetak dengan membentuk gambar timbul pada permukaan media cetak. Contoh sederhana penggunaan teknik cetak timbul adalah cap atau stempel. Media yang sering digunakan dalam penerapan teknik ini adalah menggunakan kayu lapis triplek, metal, harboard, papan kayu, dan karet (linoleum).
Teknik cetak tinggi yang paling populer adalah seni grafis cukil kayu (woodcut). Teknik ini mulai dikenal pada abad ke-14 M oleh orang Koptia di Mesir. Orang Eropa menggunakan teknik ini untuk membuat hiasan pada kain tenun. Seni ini juga digunakan pada media cetak huruf dan buku. Salah satu orang yang berjasa dalam penemuan teknik cetak ini adalah Johanes Gutenberg (1400-1468) dari Jerman.

4. Cetak Dalam (Intaglio)
Cetak dalam adalah salah satu teknik seni grafis dengan menggunakan acaun cetak dari lempeng logam (tembaga, besi, alumunium, seng, dan lain-lain). Teknik pembuatan cetak dalam adalah dengan ditoreh atau digoreskan langsung menggunakan alat bantu tumpul. Adapula yang menggunakan larutan senyawa asam nitrit yang bersifat korosit terhadap logam tembaga. Seni grafis cetak dalam dibagi dalam beberapa bagian, antara lain Engraving, Etsa, Mezzotint, dan Drypoint.

5. Cetak Foto atau Fotografi
Cetak foto atau fotografi adalah ragam seni grafis yang pembuatannya melalui proses pemotretan dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar foto. Teknik cetak afdruk pada fotografi analog menggunakan bahan film, kertas foto, dan bahan cuci film, dengan alat yang digunakan adalah kamera analog. Pada perkembangannya saat ini ada teknik cetak lainnya yang berkaitan dengan fotografi, yaitu teknik cetak digital. Teknik ini menggunakan kamera digital dan dicetak pada kertas menggunakan tinta cetak, komputer, dan printer.

DESAIN GRAFIS TEKNOLOGI ICT

Kemajuan teknologi terus berkembang dan tercipta beragam inovasi-inovasi yang mendukung segala aspek kehidupan manusia. Inovasi-inovasi ini diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaannya. Ketarampilan masyarakat pun semakin hari semakin baik dan kreatif. Namun, adanya kemampuan dan wadah untuk menyalurkan potensi mereka justru tidak dimaksimalkan. Kebanyakan masyarakat khususnya remaja lebih menyukai kemajuan teknologi yang berbau media sosial dan sebagainya. Padahal apabila potensi mereka dikembangkan dengan mengoptimalkan fasilitas-fasilitas teknologi yang semakin canggih ini, maka perkembangan teknologi pun dapat lebih baik lagi. Seperti halnya teknologi desain grafis yang dapat menjadi wadah bagi mereka yang memiliki potensi di bidang seni dan bagi mereka yang ingin belajar untuk mendesain secara grafis. Namun, tidak banyak yang mampu mengoptimalkan perkembangan teknologi yang satu ini. Karena itu, penulis mengangkat makalah yang berisi tentang penjelasan desain grafis dalam teknologi.

Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk pembuatan brosur, pamflet, poster, dan lain sejenisnya. Program ini yang mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
  • Adobe FrameMaker
  • Adobe In Design
  • Adobe PageMaker
  • Corel Ventura
  • Microsoft Publisher
  • Quark Xpress

Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Salah satu kelebihan dari gambar vektor adalah meskipun gambar diperbesar dengan resolusi maksimal gambar vektor tidak akan terlihat pecah. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
  • CorelDraw
  • Adobe Illustrator
  • Beneba Canvas
  • Macromedia Freehand
  • Metacreations Expression
  • Micrografx Designer

Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar

Fungsi utama dari progman ini adalah untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semua objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Akan tetapi, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, teks dan garis disini dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
·         Adobe Photoshop
·         Corel Photo Paint
·         Macromedia Xres
·         Metacreations Painter
·         Metacreations Live Picture
·         Micrografx Picture Publisher
·         Microsoft Photo Editor
·         QFX
·         Wright Image
·         Pixelmator
·         Manga studio
·         Gimp

Aplikasi Pengolah Film/Video

Program aplikasi pengolah film/video fungsinya yaitu untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
  • Adobe After Effect
  • Power Director
  • Show Biz DVD
  • Ulead Video Studio
  • Element Premier
  • Easy Media Creator
  • Pinnacle Studio Plus
  • WinDVD Creater
  • Nero Ultra Edition
  • Camtasia

Aplikasi Pengolah Multimedia

Program aplikasi pengolah multimedia digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia yang berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik perhatian. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
  • Macromedia Authorware
  • Macromedia Director
  • Macromedia Flash
  • Multimedia Builder
  • Ezedia
  • Hyper Studio
  • Ovation Studio Pro

METODE PENCIPTAAN

TEKNIK MENGENAI BAHAN, ALAT, DAN PROSEDUR

Untuk teknik mengenai bahan dari karya yang saya buat, saya menggunakan teknik digital menggunakan coreldrawX7. Bahan-bahan untuk membuat nya saya mengambil dari media online (internet). Alat yang saya gunakan untuk mengerjakan karya ini saya menggunakan Laptop dengan merek Asus Quad Core x4 Radeon Graphics AMD A8 dan sebuah mouse tentunya. Untuk prosedur pembuatan, saya akan memaparkan lebih rinci pada metode penciptaan. 

METODE PENCIPTAAN

Untuk membuat dan menciptakan karya melalui coreldraw, saya akan menjelaskan metode prnciptaan 1 karya.



Pertama, buka aplikasi coreldrawx7.


Kemudian klik new document, hingga muncul seperti pada gambar di bawah ini


Kemudian klik ok. Dan akan muncul lembar kerja baru


Pada bagian bawah gambar, itu adalah pilihan warna untuk memberi warna pada objek yang akan di buat. Dan di sebelah kiri, adalah tools-tools yang akan memudahkan kita dalam pembuatan objek.




Langkah selanjutnya, buat garis sesuai bentuk yang di inginkan, dengan menggunakan pen tool.


Lakukan hingga vector selesai, dan beri warna



HASIL KARYA

4.1  Banner Batak Toba 1


Judul : Banner Batak Toba
Versi bahasa Inggris

Pada banner batak toba ini, saya lebih menampilkan view dari rumah adat batak toba. Alasan saya mengambil objek ini, karna rumah adat terlihat lebih artistik dan terlihat sangat tradisional apalagi objek rumah adat bersanding dengan view pemandangan alam, membuatnya terlihat gagah dan tradisional. Dibuat dengan berbahasa inggris sengaja untuk di tujukan kepada wisatawan asing

4.2  Banner Batak Toba 2

Judul : Banner Batak Toba
Versi bahasa Indonesia

Masih pada banner batak toba, banner ini d buat dengan berbahasa indonesia untuk wisatawan lokal, dan juga masyarakat luar kota medan.

4.3  Banner Batak Toba

Judul : Banner Batak

4.4  Katalog Batak Toba

Judul : katalog 
Pada katalog batak toba diatas, saya menampilkan gambar wanita dan pria yang memakai pakaian adat, dan ornament. Singkat cerita untuk penjelasan budaya batak, dan seni yang ada di budaya batak

4.5  Banner Karo 1
judul : banner karo
Samahalnya pada banner batak toba, saya membuat versi dengan bahasa inggris dan bahasa indonesia, perjalanan keberastagi yang di bawa langsung oleh pendusuk setempat. pada banner, saya menampilkan rumah adat, pakaian adat, dan wisata alam sibayak. tentu wisatawan asing akan tertarik dengab wisata alam sibayak. 


4.6  Banner Karo 2

Judul : Banner Karo

untuk desain dengan bahasa Indonesia,  masyarakat lokal juga akan senang berkunjung ke berastagi untuk refreshing, karna udara di daerah pegunungan masih segar. 

4.7  Banner Karo 
judul : banner karo
jika di kalangan anak muda lebih suka untuk menikmati wisata alam nya saja, maka kita akan mengajak mereka untuk mengenal budaya lokal.

4.8 bannner Melayu 1
Judul : Banner Melayu

Istana maimun, salah satu ikon kota medan untuk budaya melayu. sengaja saya mengambil objek istana maimun, karena istana maimun adalah istana dari kalangan melayu. 


4.9  Banner Melayu 2
Judul : banner melayu


4.10          Banner Melayu 3
Judul : banner melayu


4.11          Banner Melayu 
Judul : banner melayu 

Medan melayu, istana maimun Medan Indonesia.



4.12          Banner Nias

Judul : Banner Nias

untuk pulau nias, saya membuat objek pemuda nias yang melompati batu. maka kita akan diajak untuk melihat desa dengan tradisionalnya, seni, kulture, dan tentu eksplore wisata alam yang indah. 


4.13          Desain produk seni batak
Judul : Desain produk (Dompet Batak) 

untuk mendesain produk, saya membuat dompet dengan hiasan ornamen batak iran-iran. desain di tujukan untuk wanita.

4.14          Desain produk seni melayu

Judul : Desain Produk Melayu

desain produk untuk melayu, saya mendesain sebuah ganci (gantungan kunci) dengan motif ornamen semut beriring. 


4.15          Poster pemandian alam Namo Biring di Medan

Judul : Poster wisata

wisata di Medan, pemandian alam yang masih sangat asri. sengaja mengambil objek wisata ini karena blm terkenal oleh masyarakat lokal. 
Poster makanan getuk lindri


4.16          Poster makanan getuk lindri

Judul : Poster 
membuat poster dengan objek makanan, getuk lindri. karena makanan ini tradisional. maka tidak akan dilupakan oleh kalangan zaman sekarang.

KESIMPULAN


Dengan kemajuan teknologi sekarang ini desain grafis menjadi sangat mudah untuk di operasikan dan juga lebih mudah dalam mengembangkan imajinasi setiap desainer. Tidak hanya itu, pembaharuan software juga membuat para desainer dapat menghasilkan desain-desain terbaru mereka dengan lebih bagus lagi. Dengan adanya perkembangan internet pun setiap orang dapat lebih mudah untuk menikmati setiap karya yang dihasilkan oleh para desainer. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga harus diimbangi dengan pemikiran positif dari penggunanya. Dapat memperkenalkan karyanya secara luas melalui media internet. Dapat dengan mudah mempelajari ilmu tentang desain grafis serta teknik pembuatan karya-karya yang baru melaui internet. Karya dalam bentuk foto dapat terlihat lebih lembut dengan proses pengeditan. Progam desain grafis yang sudah ada semakin muktahir dan dapat menghasilkan karya yang memiliki rasa dari penciptanya. Memudahkan berkomunikasi antar desainer didunia untuk menciptakan karya yang spektakuler suatu saat nanti. Memberi fasilitas yang lebih mudah untuk menjual ataupun membeli hasil karya seni yang sudah diciptakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.