Pages

Sabtu, 17 Mei 2014

MENGGUNAKAN RUMUS- RUMUS SEDERHANA DAN PROSEDURNYA PADA MS. EXCEL

MENGGUNAKAN RUMUS- RUMUS SEDERHANA DAN PROSEDURNYA PADA MS. EXCEL

DISUSUN OLEH;
NAma   : INDRIANA LUMBANTOBINg




NIm       : 2132151002
 PRODI   : PENDIDIKAN SENIRUPA

DOSEN PEMBIMBING:

Drs. DWI BUDIWIWARAMULJA. M.Sn





PENGGUNAAN RUMUS – RUMUS SEDERHANA & PROSEDURNYA PADA MS. EXCEL
 Saat kita bekerja menggunakan Microsoft Office Excel, kita dapat menghitung data dengan menggunakan rumus yang dibentuk dari operator data atau terdiri dari beberapa fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dapat kita gunakan dalam rumus.
Rumus yang akan kita bentuk dapat ditulis pada bagian formula bar atau dengan menggunakan fasilitas Function Wizard MS Excel. Dalam Microsoft Excel, kita dapat mengawali penulisan rumus dengan tanda = (sama dengan).
Sebagai contoh, rumus pengurangan antara nilai 9 dengan nilai 6 dapat ditulis dengan bentuk =9-6. Hasil perhitungan rumus tersebut akan ditampilkan di dalam sel. Contoh lain, jika sel A15 berisi nilai 10 dan akan dikalikan dengan nilai 8, maka rumus yang dapat dibuat adalah =A15*8
Kita dapat memanfaatkan operator matematika untuk membangun suatu rumus. Urutan derajat pembacaan operator matematika yang dapat kita gunakan untuk membangun rumus dan contoh-contoh penulisan rumus matematika sederhana adalah sebagai berikut:
Operator ( ) memiliki fungsi mengelompokkan operasi matematika.
Contoh:
=(3+7)*(30/3)
Operator * dan / memiliki fungsi perkalian dan pembagian.
Contoh:
=70*7
=21/3
Operator + dan – memiliki fungsi penjumlahan dan pengurangan.
Contoh:
=15+65
=40-15
Operator ^ memiliki fungsi perpangkatan.
Contoh:
=7**4
=7^4
Operator % memiliki fungsi persen.
Contoh:
=15*50%
Operator & memiliki fungsi menggabungkan dua data teks.
Contoh:
=”Maju”&”Jaya”
Pada kondisi default, Microsoft Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol sama dengan (=). Meskipun begitu, kita dapat mengatur bagaimana perhitungan suatu rumus akan dikalikan. Inilah yang disebut dengan prioritas operasi matematika dengan menggunakan tanda dalam kurung.
Sebagai contoh, rumus =5+10*2 akan menghasilkan nilai 25 karena Microsoft Excel akan melakukan operasi perkalian terlebih dulu sebelum operasi penambahan. Jadi, angka 10 akan dikalikan dengan angka 2, hasilnya 20, baru kemudian ditambahkan dengan nilai 5. Hasilnya 25.
Contoh lain, rumus =(5+10)*2 akan menghasilkan nilai 30 karena Microsoft Excel akan mendahulukan operasi matematika yang terletak di dalam kurung dengan hasil 15, baru kemudian mengalikannya dengan angka 2. Hasilnya 30.
Cara Memasukkan Rumus
Kita dapat membuat beberapa variasi rumus, mulai dari rumus matematika yang sederhana dengan operator matematika, sampai dengan rumus perhitungan matematika yang lebih kompleks. Di bawah ini merupakan salah satu contoh langkah-langkah memasukkan rumus dalam lembar kerja Microsoft Excel. Jika pada masing-masing cell sudah berisi angka dan kita akan mengoperasikan angka pada cell tersebut, kita tidak perlu mengetikan angkanya lagi. Namun cukup diklik saja cellnya, lalu diikuti simbol rumusnya. perhatikan contoh di bawah ini:
1. Klik suatu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan sel.
2. Ketik lambang = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus.
3. Masukkan rumus yang akan digunakan. pada contoh di bawah ini merupakan contoh penjumlahan     laki-laki dan perempuan. jadi setelah mengetik tanda =, lanjutkan dengan klik pada cell angka 20, kemudian tulis tanda +, lalu klik cell angka 30, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.

4. Tekan Enter, maka hasilnya akan langsung muncul, seperti gambar di bawah ini. Pada cell akan muncul hasilnya, namun pada formula bar tetap tampil rumus aslinya, yaitu penjumlahan antara cell yang berisi angka 20 dan cell yang berisi angka 30, atau cell c8+D8.

Definisi Cell atau sell            
Dalam pembahasan  ini beberapa kali disebut istilah cell atau sel, sebenarnya apa sih sell itu? pengertian singkatnya, sell adalah setiap alamat kotak yang merupakan gabungan antara kolom dan baris.  Seperti pada contoh di atas sell C8 berarti gabungan antar kolom C dan baris ke 8 dan D8 berarti gabungan antara kolom D dan baris ke 8.
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kita dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

            Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu kita harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.
Rumus MS Excel dan Pembagian Fungsinya
            Rumus-rumus/formula di dalam MS Excel sangat beragam dan bermacam-macam, tidak hanya satu dua saja. Secara garis besarnya dapat di simpulkan menjadi tiga, yaitu Rumus Matematis, Logika, dan Statistik.
Semua keberadaan formula dapat kita jumpai pada Menu Ribbon tab "Formulas". Cara menggunakan/menuliskannya hampir sama dengan penggunaan rumus standar seperti operator matematik yang di terangkan di atas, konstruksinya akan terlihat seperti ini : =Formula()
Tanda (=) sebagai syarat memasukkan rumus, Formula adalah jenis rumus yang akan kita gunakan, dan tanda kurung adalah tempat memasukkan data cell. Contoh : =SUM(D2:E2).
Berikut pembagian formula dan fungsi-fungsinya.

RUMUS MATEMATIK PADA MS. EXCEL
  1. SUM
Rumus yang paling sering digunakan, karena rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan. Contoh : =SUM(D2:E2) dengan demikian kolom yang kita tempatkan rumus ini akan mengeluarkan nominal angka hasil penjumlahan dari cell D2 dan E2.
  1. SUBTOTAL
Berfungsi untuk melakukan penotalan dalam artian bukan sekedar jumlah atau SUM saja, tapi bisa juga untuk operasi matematika yang lain seperti pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata (prosentase) dan lain-lain. Contoh : =SUBTOTAL(FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) maka akan terlihat seperti =SUBTOTAL(9;A5;A10). Dengan demikian, rumus ini akan menampilkan hasil total dari penjumlahan (karena kode 9 dikenal sebagai fungsi SUM dalam Formula SUBTOTAL) dari cell A5 dan A10. Jika refrensi atau tempat pengambilan data lebih dari dua, maka jangan lupa untuk menambahkan tanda titik koma (;) sebelum menuliskan refrensi lain.

     RUMUS STATISTIK PADA MS. EXCEL
  1. Average
Rumus ini berfungsi untuk menampilkan nilai rata-rata. Contoh : =AVERAGE(D2;D3;D4). Setelah itu akan muncul nilai rata-rata dari kolom D2 sampai D4. Biasanya rumus ini digunakan untuk menarik nilai rata-rata hasil belajar siswa yang nantinya akan ditulis di dalam laporan belajar atau raport.

2.Count
Menghitung banyaknya data argumen. Untuk rumus ini biasnya disinkronisasikan dengan Logical test. Contoh =COUNT(value1;value2)
  1. Max
Dengan rumus ini kita dapat mengetahui jumlah nilai tertinggi/maksimal dalam suatu kumpulan cell. Contoh =MAX(B2;B10)
  1. Min
Sedangkan rumus MIN adalah kebalikan dari rumusa MAX tadi.

RUMUS LOGIKA  (logical) Pada Ms. Excel
  • IF

Berfungsi untuk memberikan hasil benar jika penjelasan logikanya memang benar, dan memberi nilai salah jika tidak sesuai dengan logical testnya. Contoh : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false) . Bingung ? Sebaiknya kita praktekkan saja, lihat contoh gambar berikut.

Dari penulisan rumus =IF(C6>=6;"LULUS";"TIDAK LULUS") dapat dibaca sebagai : "Jika nilai di dalam kolom C6 lebih besar atau sama dengan 6 maka dinyatakan "LULUS" jika tidak maka dinyatakan "TIDAK LULUS". Dengan demikian, nilai-nilai di bawah 6 secara otomatis MS Excel akan menuliskan "TIDAK LULUS".
  • OR

Menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar. Contoh : =OR(logika1,logika2).
  • AND  
  • Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)Ketiga fungsi logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.